Jokowi Teken Bisnis Senilai Rp314 Triliun

JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan ke Uni Emirat Arab (UEA). Dalam kunjungan itu, Jokowi mengatakan telah menyepakati beberapa kerjasama strategis, yang total investasi senilai Rp314,9 triliun.

Kerjesama yang diteken Jokowi, antara lain kerja sama antarpemerintah di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme. Selain itu, ada 11 perjanjian bisnis di bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset.

“Saya mengapresiasi kemajuan yang signifikan dalam hubungan kerjasama antara Indonesia dan UEA, ujar Jokowi dikutip dari akun fanpage resmi Presiden Joko Widodo, Senin (13/1).

Presiden tiba di Uni Emirat Arab kemarin, dan disambut hangat oleh oleh Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed bin Zayed di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan.

Jokowi mengatakan, PEA akan selalu menjadi mitra penting kerjasama ekonomi Indonesia.

“PEA [Persatuan Emirat Arab] akan tetap menjadi salah satu mitra penting kerja sama ekonomi Indonesia, terutama di bidang investasi,” kata Jokowi.

Selain kerja sama ekonomi, Presiden juga menyampaikan bahwa Indonesia ingin menjadikan UEA sebagai mitra dalam pendidikan Islam yang modern, moderat dan penuh toleran.

“Hal ini sangat penting artinya bagi upaya mencegah ekstrimisme dan terorisme,” tegas Jokowi.

Sementara itu, Putra Mahkota Mohamed bin Zayed juga menyampaikan bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian. “Islam tidak pernah mengajarkan terorisme. Islam selalu mengedepankan kedamaian,” ujar Putra Mahkota.

Putra Mahkota Mohamed bin Zayed juga menambahkan bahwa Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. “Islam di Indonesia dapat menjadi contoh Islam yang damai,” ujarnya. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan