oleh

Target PAD 2019 Meleset

NGAMPRAH– Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) dari sektor pajak daerah pada 2019 hanya mencapai Rp 377 miliar dan meleset dari target yang sudah ditetapkan yakni diangka Rp 450 miliar. Hal itu berdampak pada defisitnya anggaran.

Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Asep Sodikin membenarkan, soal melesetnya target PAD yang sudah ditetapkan di tahun lalu. Menurutnya, salah satu penyebab tidak tercapainya target PAD yakni berasal dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang hanya tercapai 56 persen.

Baca Juga:  Begini Alasan Salat Taraweh Cepat Bedasarkan Ilmu Fiqih

“Ada beberapa pajak memenuhi target dan yang tidak memenuhi target. Tetapi, yang paling besar menyebabkan defisit sampai Rp 73 miliar yaitu dari PBB hanya 56 persen. Nah, 56 persen itu kalau secara nominal itu sekitar Rp 90 miliaran lebih,” kata Asep, Minggu (12/1).

Menurut Asep, menurunnya pendapatan daerah dari sektor PBB disinyalir karena adanya kebijakan penyesuaian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Sehingga masyarakat kaget dan belum siap dengan nominal kenaikan PBB.

Baca Juga:  Bakal Ditindak, Warga Jatinangor yang Maksa Lakukan Takbir Keliling

“Meski PBB menjadi penyumbang defisit paling besar dari sepuluh jenis sektor pajak daerah, namun secara nominal ada kenaikan jumlah PBB dibandingkan pada 2018 yang masih memakai NJOP lama,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga