Nasib GBLA Belum Jelas

BANDUNG– Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil angkat bicara soal nasib Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage Kota Bandung. Orang nomor satu di Jawa Barat ini menyarankan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk menyiasati pemakaian GBLA dengan mekanisme dan aturan PON.

Jika GBLA tak bisa digunakan, dampaknya akan terasa bagi tim kebanggaan Jawa Barat yakni Persib. Sebab, di tahun ini Stadion Si Jalak Harupat (SJH) Soreang akan direnovasi untuk persiapan Piala Dunia U-20.

Menurut Emil sapaan dari Ridwan Kamil, jika GBLA tak bisa dipakai dengan alasan masih ada perkara-perkara hukum dan lainnya, maka solusinya dengan melakukan seperti saat PON.

“Pada saat PON itu, ada surat atau sebuah pernyataan dari Bareskrim saja, bahwa kasus jalan terus dan aset negara bisa dikelola,” kata Emil saat ditemui di Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (10/1).

Menurut Emil, jika sudah keluar penyataan itu selesai, maka aset negara-nya tidak terbengkalai dan bisa dilaksanakan kegiatan-kegiatan atau pelelangan apapun.

“Dalam urusan hukum tidak terganggu karena novum-novum (bukti baru) hukum semua sudah semuanya dikumpulkan,” sebutnya.

Emil menambahkan, sebenarnya kewenangan GBLA itu ada di Pemkot Bandung. Namun, bila Pemprov diminta, dengan senang hati untuk memberikan solusi terbaik.

“Namun kelihatannya pak Yana (wakil wali kota) masih mencoba mengupayakan dengan caranya beliau sendirilah, kira-kira begitu,” paparnya.

Desakan agar GBLA segera beroperasi datang juga dari komunitas GBLA Lovers. Mereka menyampaikan usulan kepada Pemkot Bandung untuk berkoordinasi dengan PSSI agar bisa segera digunakan kembali karena sudah tidak ada masalah.

Ketua Dewan Penasehat GBLA Lover, Aristomuhaji mengungkapkan, sudah tidak ada lagi permasalahan pada GBLA, tinggal masalah perizinan.

“Stadion itu tidak ada masalah, saya kira melihat situasi hari ini masalah kayanya diperizinan itu sendiri, karena saya mengajak bobotoh demo ke Polrestabes Bandung meminta agar mengeluarkan izin,” tegas Aristo ditemui di Balai Kota.

Menurutnya, saat ini GBLA sangat dibutuhkan untuk segera beroperasi. Hal itu dikarenakan tahun ini SJH tak bisa digunakan lantaran dalam renovasi. “Kami berharap dari GBLA Lovers, stadion ini bisa digunakan siapapun itu yang menggunakanya terutama Persib Bandung,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan