Cililin Menjadi Pilot Project Penanaman Kacang Edamame

NGAMPRAH– Antusias para petani untuk menanam produk pertanian Kacang Edamame kualitas premium di Kabupaten Bandung Barat (KBB) sangat tinggi. Pasalnya produk pertanian ini dimi­nati pasar luar negeri dengan harga jual tinggi sehingga petani sangat diuntungkan ketika menanam produk ini dan tidak bingung dalam pe­masaran.

Seperti yang terjadi di desa Tanjungwangi dan Budiharja Kecamatan Cililin, Desa Me­karmukti Kecamatan Ciham­pelas, serta Desa Pangauban Kecamatan Batujajar. Petani di sana sangat antusias mem­buka lahan untuk menanam Kacang Edamame yang me­miliki karakteristik tinggi nu­trisi, antioksidan, rendah kalori, tidak mengandung kolesterol, dan secara alami bebas gula. Masyarakat juga diberdayakan untuk ikut men­anam sehingga menjadi lebih produktif.

Kepala Balai Latihan Ker­ja (BLK) Lembang Tuti Ha­ryanti menyebutkan, Desa Tanjungwangi, Cililin, tadi­nya hanya sebagai pilot project penanaman Kacang Edamame. Penggarapnya adalah 16 orang buruh tani yang sudah dilatih mengik­uti program Skill Develop­ment Center (SDC) Bidang Kewirausahaan, yang tengah digalakan oleh Pemda KBB melalui Dinas Tenaga Ker­ja dan Transmigrasi (Dis­nakertrans) KBB.

“Awalnya kami mencoba di lahan milik desa seluas 250 meter persegi, Ternyata hasil panennya luar biasa, dari perkiraan hanya menghasilkan 60 kilogram (kg) ternyata bisa mencapai 100 kg lebih dan kualitas kacangnya juga premium,” terangnya.

Melihat hasilnya yang sang­at bagus dan bisa dipanen dalam waktu sekitar tiga bu­lan, Kepala Desa Tanjungwangi bahkan telah mengizinkan lahan milik desa yang selama ini tidak produktif untuk ditanami Kacang Edamame.

Diharapkan buruh tani atau petani yang tidak memiliki lahan bisa memanfaatkan tanah tersebut untuk menanam kacang ini.

Tingginya minat masyarakat terhadap Kacang Edamame juga membuka peluang usa­ha baru. Bukan hanya men­ciptakan wirausaha baru di bidang pertanian tapi juga memberi lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan untuk menjadi buruh tani. Apalagi harga jual kacang ini menca­pai 10.000/kg dan sudah siap dibeli oleh buyer dari Austra­lia atau bisa dipasok ke su­permarket besar.

Tinggalkan Balasan