Enam UMKM Juara, Bidik Pasar Malaysia

BANDUNG – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat pada 12-14 Desember 2019 menjajal pasar negeri jiran yakni Malaysia  dengan mengirimkan 6 (enam) pelaku UMKM Juara ke Malaysia International Branding Showcase di Putra World Trade Center (PWTC) Kuala Lumpur Malaysia.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji, keikutsertaan pelaku UMKM Juara pada pameran di Malaysia ini, dalam rangka mempromosikan dan memasarkan produk-produk unggulan Jawa Barat khususnya pelaku UMKM Juara. Harapannya, produk-produk UMKM Jabar semakin dikenal di masyarakat luas baik regional, nasional maupun luar negeri.

“Terpenting yakni untuk mendorong pelaku UMKM lebih pede dan berani dalam memasarkan produk-produknya. Salah satu kendala yang dihadapi pelaku UMKM yakni pasar. Walaupun pemasaran online di era saat ini sangat dominan namun pemasaran melalui pameran dan Expo dinilai masih memberikan andil yang cukup besar dalam pemasaran produk UMKM,” katanya.

Pemasaran atau promosi melalui pameran cukup mahal dan berat bagi pelaku UMKM. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil memfasilitasi pemasaran produk UMKM melalui pameran  seperti Cooperative Fair, Gelar Produk Koperasi dan UMKM pada Puncak Peringatan Harkop tingkat provinsi dan masih banyak lain.

Sementara khusus untuk Program UMKM Naik Kelas atau UMKM Juara, Dinas KUK Provinsi Jawa Barat memfasilita sejumlah pameran seperti Gelar produk dan temu bisnis UMKM Jabar Juara yang digelar di 27 kabupaten/ kota di Jawa Barat yang mendapatkan dukungan dari pejabat bupati/ wali kota.

Selain itu, ada pameran luar provinsi bagi pelaku UMKM Jawa Barat dan UMKM Jabar Juara serta peserta One Pesantren One Product (OPOP) seperti ke Jakarta, Bali, Jawa Timur, Kendari, Medan, Kepulauan Riau-Batam, Provinsi Riau, Banjarmasin. Pameran luar negeri untuk produk UMKM Jabar Juara ke Malaysia dan program OPOP ke Halal Summit 2019 di Turki.

Melalui kegiatan pameran luar negeri tersebut, Tutus panggilan akrab Kusmana mengatakan, khususnya untuk program UMKM Juara  6 (enam) peserta UMKM Juara yang menjadi juara 6 (enam) besar diikutsertakan pada pameran di Malaysia. Enam UMKM Juara diantaranya  Sankimo Urinior Bag (Kab Bandung), Jil & Leather Specialist (Kab Garut), Mukena Hijra (Kota Banjar), Siwang Binih (Kab Indramayu), Kopi Hofland (Kab Subang) dan Ahen Premium Liquid Sugar (Kota Sukabumi).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan