Terapkan One Way di Lembang

NGAMPRAH– Memasuki musim liburan Natal dan Tahun Baru (nataru), volume kendaraan di kawasan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami pe­ningkatan signifikan.

Hal itu dikarenakan Lembang masih menjadi favorit wisatawan berbagai daerah untuk menghabiskan waktu liburan bersama kelu­arga. Kemacetan dapat ter­lihat di persimpangan Bea­trix, Lembang, sejak Rabu (25/12).

Dari arah Kota Bandung, antrean kendaraan mengu­lar sejauh dua kilometer mulai dari Jalan Setiabudi hingga pintu masuk objek wisata The Great Asia Afrika dan Farmhouse.

Dari arah Subang, kema­cetan sejauh empat kilome­ter dimulai dari pintu masuk TWA Tangkuban Parahu hingga pintu masuk objek wisata Floating Market. Ke­macetan didominasi wisa­tawan menggunakan roda empat berpelat nomor luar daerah seperti Jakarta, Jawa Tengah, dan Sumatera. Po­lisi melakukan pengaturan lalu lintas di persimpangan Beatrix sejak pagi hari.

KBO Lantas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar menu­turkan, kemacetan akibat tingginya volume kendaraan sudah terjadi sejak pagi hari.

Dirinya memperkiarakan puncak arus balik libur Na­tal diprediksi dimulai sekitar pukul 14.00 WIB hingga ma­lam. Kondisi tersebut terlihat dari jumlah kendaraan yang sudah memadati jalanan di sepanjang jalan utama mau­pun alternatif menuju Lembang.

“Tadi pagi, dari pukul 08.00 WIB hingga saat ini terpan­tau meriah, mungkin nanti sekitar pukul 14.00 WIB itu puncak-puncaknya karena arus balik liburan Natal,” ujar Duddy ditemui di Lembang, kemarin (25/12).

Untuk mengurai kepadatan lalu lintas di sepanjang jalan Lembang terutama di per­simpangan Beatrix menuju objek wisata, pihaknya mem­berlakukan sistem jalan satu arah.

“Jika ada kemacetan kami melalukan bertindak dengan cara one way dari Beatrix ke Gran Hotel Lembang, jika menjelang sore kami balikan dari Grand Hotel ke Beatrix. Kemudian di persimpangan Beatrix ke arah Farm House sudah mengalami kemaca­ten dan ekornya sudah sam­pai ke Beatrix kami akan alihkan ke Kolonel Masturi, Cisarua,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan