Pemkot Antisipasi Tumpukan Sampah Nataru

BANDUNG– Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengantisipasi tumpukan sampah di momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 dari para pengunjung yang datang ke Kota Bandung.

“Kepada wisatawan yang datang ke Kota Bandung, me­reka juga harus taat aturan, meski pun ada dampak ke­macetan saya kira itu bisa diminimalisir, tidak boleh buang sampah sembarangan kita sudah punya Kang Pis­man,” ujar Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, kemarin (25/12).

Kota Bandung memiliki ber­bagai destinasi wisata dan kuliner menjadi magnet bagi wisatawan baik bagi domestik atau pun mancanegara. Hal tersebut Oded mengingatkan untuk menjaga kebersihan.

“Sebagai kota metropolitan ini menjadi sebuah konse­kwensi, ketika di datangi oleh wisatawan wisman (wisatawan manca negara) atau pun do­mestik itu suatu keniscayaan,” katanya.

Untuk mengantisipasi itu, PD Kebersihan telah menyiapkan pola dan skenario antisipasi lonjakan tumpukan sampah di titik-titik rawan sampah di antaranya Alun- alun Kota Bandung dan di Ujung Berung.

“Kita sudah mempersiapkan pola dan skenario untuk ope­rasional lonjakan sampah, sampah itu bisa dilihat lon­jakan pengunjung wisatawan,” ujar Dirut PD Kebersihan Gin Gin Saptari.

Gun Gun menjelaskan, pola tersebut tidak jauh ber­beda dengan penerapan di tahun – tahun sebelumnya, hanya saja terdapat titik wi­sata baru menjadi ancaman tumpukan sampah ialah Taman Kiara Artha Park. Gun Gun mengatakan, pihaknya akan menambah petugas di titik Taman Kiara Artha Park.

“Ada sedikit perubahan skenario dan pola, Taman Kiara Artha Park menjadi tempat keramain baru bagi Bandung, kita akan tambah petugas,” jelasnya.

Petugas tersebut diprediksi­kan akan ditambah jam kerja (lembur) dari biasanya sampai puncak tahun baru, tidak ha­nya penambahan petugas, Gun Gun mengungkap terdapat juga perubahan sistem teknik pengumpulan sampah.

“Sedangkan pengoperasian petugas sudah dimulai tang­gal 24 Desember 2019, sudah siaga malam sebelum natalan, mereka ditempatkan di alun – alun, gereja – gereja besar,” sampainya.

Total karyawan kebersihan di PD Kebersihan sebanyak 1.000 lebih karyawan bersama dengan mobil operasional di semua titik, Gun Gun juga mengungkapkan akan me­nambah personel khusus di Taman Kiara Artha Park.

Tinggalkan Balasan