oleh

Arus Kendaraan Meningkat 40 %

BANDUNG  – Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) diprediksi arus kendaraan yang melintas ke Provinsi Jawa Barat akan mengalami peningkatan sebesar 40 persen.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jawa Barat (Jabar) Herry Antasari mengatakan, peninkatan ini terjadi karena menjelang akhir tahun nanti bertepatan juga dengan libur sekolah. Sehingga, kemungkinan besar banyak masyarakat yang ingin berpergian ke luar kota.

‘’Jadi kemungkinan peningkatan itu dipengaruhi pula dengan kendaraan yang melintasi Jawa Barat menuju Jawa Tengah dari Jabodetabek,’’kata Hery kepada wartawan, Senin, (15/12).

Baca Juga:  Pengamat Nilai Tata Kelola Pemerintahan Kota Depok Buruk

Dia mengakui, perkiraan ini didapatkan dari analisa pada rakor (rapat koordinasi) bersama Polda Jabar, ada kenaikan volume kendaraan kurang lebih 40 persen dari volume normal. Bahkan, Elevated (tol Japek) juga ada peningkatan” kata dia.

Sebagai gambaran, kepadatan yang akan terjadi, peningkatan kendaraan yang akan terjadi merupakan setengahnya dari kepadatan yang terjadi saat musim mudik lebaran lalu.

Hery menuturkan, ada sejumlah titik yang akan menjadi perhatian Dishub. Misalnya, kepadatan yang terjadi di turunan tol elevated. Lalu, di wilayah tempat wisata, seperti puncak Bogor yang akan menggelar car free night pada akhir tahun nanti. Di lain pihak, Dishub Jabar akan fokus pada daerah rawan banjir dan longsor, khususnya di wilayah Subang, Garut hingga Pangandaran.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga