oleh

Perkuat Seni Budaya Lokal, Disparbud Kembali Gelar Riksa Budaya

BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat kembali menggelar Riksa Budaya Jawa Barat. Kali ini, Riksa Budaya yang akan di gelar di Desa Junti Kebon Kecamatan Junti Nyuat Kabupaten Indramayu Rabu (11/12) , mengambil tema Matur Kesuwun Ngampura.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik melalui Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Febiyani mengatakan, dalam Riksa Budaya di Kabupaten Indramayu akan menampilkan berbagai kesenian lokal khas Indramayu, diantaranya tari daya respek koloborasi 20 seniman Indramayu, wayang cepak dan seni budaya lainnya. Selain itu juga, akan digelar workshop dan pameran. Pada gelaran wayang cepak, akan tampil dalang sepuh Ki Ahmadi.

Baca Juga:  Penjelasan Tentang Video Viral Pria Diusir dari Masjid Karena Pakai Masker

“Riksa Budaya mengangkat nilai budaya Jawa Barat. Kalau yang lalu ada Someah ada Rengkuh kali ini mengangkat Nuhun atau dalam bahasa Indramayu Matur Kesuwun ditambah Ngampura,” ungkap Febiyani Selasa, (10/12).

Dijelaskan, Nuhun atau Matur Kesuwun, merupakan salah satu sikap dan budaya masyarakat Jawa Barat yang artinya terima kasih. Selain menampilkan seni dan budaya lokal Indramayu lainnya, menurut Febiyani ada yang unik dan berbeda dari gelaran Riksa Budaya sebelumnya , yakni wayang cepak. Wayang cepak merupakan salah satu seni budaya khas Indramayu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga