Berharap Penyelesaian Kasus Novel Pada Kabareskrim Baru

JAKARTA – Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo berharap Kabareskrim Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo dapat menuntaskan kasus penyiraman air keras yang menimpa penyidik senior KPK Novel Baswedan.

“Kami kenal beliau (Irjen Listyo Sigit Prabowo) sebagai seorang perwira reformis dan juga siap untuk memberantas korupsi di negeri ini. Sehingga kami mempunyai harapan yang besar bahwa Bang Sigit selaku Kabareskrim baru itu bisa mengungkapkan kasus Bang Novel,” ujar Yudi di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (6/12).

Yudi mengatakan, Pesiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya memberi tenggat waktu kepada Kapolri Jenderal Idham Azis untuk menuntaskan kasus Novel hingga awal Desember 2019. Namun, kata Yudi, hingga saat ini kasus tersebut belum kunjung menemukan titik terang.

“Itulah makanya kami mengharapkan bahwa Kabareskrim yang baru di bawah pimpinan Pak Listyo Sigit Prabowo mampu untuk mengungkap kasus ini,” tutur Yudi.

Yudi mengingatkan, kasus yang menimpa Novel terlah berjalan 1000 hari tanpa adanya kejelasan terkait penuntasannya. Padahal, menurut dia, kasus ini mendapat perhatian besar dari publik.

Maka dari itu, ia pun meminta kepada Irjen Listyo untuk menuntaskan kasus ini sebelum 2019 berakhir. Karena, dirinya khawatir kasus ini akan melahirkan tuduhan-tuduhan tak berdasar terhadap Novel.

“Jangan sampai nanti nya sampai tutup tahun kasus Novel tidak terselesaikan. Karena nantinya akan semakin liar,” tutup Yudi.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif berharap Kabareskrim Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo dapat menuntaskan segelintir kasus teror yang menimpa pimpinan serta pegawai KPK.

Teror tersebut antara lain penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan serta teror bom yang terjadi di kediaman Laode dan Ketua KPK Agus Rahardjo.

“Ya kita berharap bahwa Kabareskrim yang baru hal (kasus) itu bisa segera diselesaikan,” ujar Laode di Depok, Jawa Barat, Jumat (6/12).

Laode pun berharap kerja sama antara Polri dan lembaga antirasuah semakin kuat seiring ditunjuknya Listyo sebagai Kabareskrim yang baru. Khususnya terkait penanganan kasus korupsi.

“Saya ucapkan selamat kepada Pak Listyo atas kepercayaan yang diberikan oleh negara untuk menjadi Kabareskrim. Kami berharap kerja sama antara KPK dengan Polri akan menjadi lebih bagus lagi ke depannya,” kata Laode. (riz/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan