Alo Siap Menuju Desa Mandiri

 KUTAWARINGIN – Cep Aziz Sukandar Camat Kutawaringin, Kabupaten Bandung memiliki rencana untuk mendorong program Desa Mandiri, dua Desa sudah disiapkan untuk meningkatkan status berkembang menuju mandiri.

Menurutnya, sesuai dengan Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dalam mendorong SDM maju Indonesia unggul. Oleh karena itu, pihaknya mendorong Desa Cilame dan Desa Cibodas untuk bersiap menuju program Desa mandiri.

Kedua desa tersebut diharapkan bisa lebih meningkatkan inovasi dalam program pembangunan desanya ke depan. Sebab, hingga saat ini di wilayahnya masih belum ada desa yang berstatus mandiri. ”Selama ini yang paling baik statusnya sebatas desa berkembang,” kata Cep Aziz usai menghadiri acara serah terima jabatan Kepala Desa Cilame di area kantor Desa, Kamis (5/12).

Cep Azis menjelaskan, pencapaian status desa mandiri memang bukan hal yang mudah. Soalnya ada beberapa indikator yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, pihaknya hanya menargetkan Desa Cilame dan Cibodas mengingat kedua desa tersebut memiliki potensi. ”Untuk itu, saya meminta kepada kedua Kades ini diharapkan segera berinovasi karena baru selesai melaksanakan pemilihan kepala desa,” ucapnya.

Lebih lanjut Cep Aziz mengatakan, setelah melakukan sertijab kadua kades tersebut memiliki tugas. Pertama harus segera melakukan pengajuan pencairan dana desa (DD) dan anggaran dana perimbangan desa (ADPD) tahap ketiga. Soalnya pengusulannya sudah dilakukan oleh pejabat sementara kepala desa beberapa waktu lalu.

Cep Azis menegaskan, kepala desa yang baru terpilih tidak perlu terlalu pusing dalam pengalokasian DD dan ADPD tahap ketiga. Sebab, penggunannya memang sudah direncanakan sejak awal tahun oleh kepala desa yang lama.

”Jadi kepala desa yang baru terpilih tinggal melaksanakan saja apa yang sudah direncanakan. Soalnya penggunaan DD dan ADPD tahap ketiga jelas untuk rencana program berkelanjutan yang sudah dimulai sejak pencairan tahap pertama dan kedua,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Desa Cilame Alo Sobirin mengaku sangat bangga sekaligus tertantang untuk segera mewujudkan cita-cita Cilame menjadi desa mandiri. ”Kita akan mulai kejar indikatornya dari sekarang karena syarat menjadi desa mandiri itu banyak,”tuturnya.

Tinggalkan Balasan