oleh

Waspada! Longsor di Akhir Tahun

BANDUNG –  Memasuki akhir tahun, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM memberikan peringatan dini kepada seluruh masyarakat yang tinggal didaerah rawan longsor agar waspada.

Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM, Kasbani mengatakan, kondisi geologi di Jabra sangat rentan terjadi bencana gerakan tanah atau longsor. Hal itu dipengaruhi kondisi cuaca yang sebagian besar sedang dalam masa hujan intensitas tinggi.

‘’Provinsi Jabar menjadi wilayah tertinggi terjadinya peristiwa gerakan tanah,’’kata Kasbani kepada wartawan, Minggu, (1/12).

Menurutnya, Provinsi Jabar wilayah tengah ke selatan menjadi wilayah dengan risiko paling tinggi bencana longsor. Terutama pada Desember 2019, kemungkinan besar intensitas hujan mulai tinggi.

“Nah bulan -bulan seperti Desember nanti, kalau dilihat dari peta prakiraan longsor itu di bagian tengah mulai dari Sukabumi, Bandung, Garut, Bogor itu pada umumnya disitu ya potensinya,” ucapnya di Auditorium Geologi, Bandung, Kamis, 28 November 2019.

Karena itu, dia berharap agar pemda di wilayah risiko tinggi bencana longsor untuk mengecek kesiapsiagaan mitigasi dan penanggulangan bencana di wilayahnya masing-masing.

“Jika ada yang perlu dicurigai atau diwaspadai adanya retakan-retakan, itu segera diambil langkah-langkah antisipasi supaya kita bisa melakukan mitigasi dengan baik ya,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga