Raker di Yogyakarta, Pelanggan PDAM Kebingungan

SOREANG – Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja merasa kebingungan saat ingin melakukan pembayaran tagihan air. Sebab, Kantor PDAM Cabang Soreang tampak sepi, hanya secarik kertas terpangpang dikaca Kantor.

Salah seorang pelanggan PDAM asal Ciwidey mengaku kaget setelah sengaja datang ke Kantor PDAM Tirta Raharja cabang Soreang hendak membayar tagihan rekening bulan November yang telah jatuh tempo 15 November lalu. Saat membaca pengumuman, mulai tanggal 20 November s/d 23November Kantor Cabang Soreang tidak melayani pembayaran rekening air bulan berjalan, pembayaran bisa dialihkan ke payment resmi yang kerjasama dengan PDAM.

Menurutnya, seharusnya kalau ada kegiatan seperti ini, pihak PDAM memberikan pengumuman sejak lama. Sehingga, pelanggan yang jauh dari kantor Cabang tidak datang ke kantor Cabang. ”Seharusnya saya bayar tanggal 15, tapi saya bayarnya tanggal 16 nya di mini market. Tapi sama petugas mini marketnya disuruh ke Kantor Cabang PDAM Tirta Raharja di Soreang. Sudah jauh jauh datang kesini eh malah tutup enggak ada pelayanan,”katanya saat ditemui di Soreang, Rabu (20/11).

Hal yang sama dikatakan Nurul Huspendi (32) warga Gading Tutuka Soreang, menurutnya sudah dua bulan terakhir ini pelayanan air bersih di tempat tinggalnya seringkali tak mengalir. Sehingga ia berniat mendatangi Kantor PDAM Tirta Raharja cabang Soreang untuk melaporkan keluhannya. Namun sayangnya sesampainya disana ia hanya diterima oleh petugas keamanan karena hari ini hingga dua hari kedepan kantor tersebut tutup.

”Anehnya kok hari kerja pelayanan tutup. Kata Satpam semua sedang ada kegiatan di Jogja Karta. Sangat mengecewakan yah, ketika kewajiban kita sebagai pelanggan terlambat kena denda, tapi ketika kami ingin meminta penjelasan soal air yang sering enggak ngalir eh kantor nya malah tutup di hari kerja,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan, suasana di Kantor PDAM Tirta Raharja cabang Soreang pada Rabu (20/11) sekitar pukul 09.00 WIB nampak lengang. Hanya ada seorang petugas keamanan yang berjaga di pos. Sedangkan pintu kantor pelayanan nampak tertutup rapat. Sebuah kertas surat pemberitahuan terpampang di kaca jendela pos keamanan. Dengan tulisan, Sehubungan dengan adanya kegiatan internal, diberitahukan pada 20 hingga 23 November, Kas Perumda Air Minum Tirta Raharja tidak melayani pembayaran rekening air bulan berjalan. Untuk sementara dialihkan melalui PT POS, ATM BRI, BJB, Indomart, Alfamart dan lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan