oleh

Membuang Sampah ke Sungai Akan Disanksi Sosial 

BANDUNG– Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan memberikan sanksi tegas bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan sebagai langkah untuk memberikan efek jera.

Sanksi tersebut berupa penerapan sanksi sosial bagi warga yang ketahuan buang sampah ke sungai. Warga yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) akan disuruh membersihkan sungai selama satu minggu.

“Kita dorong Citarum Harum dengan melakukan OTT, jadi misalkan ketahuan ada warga yang membuang sampah ke sungai, maka akan diberikan sanksi berupa membersihkan selama seminggu. Perhari harus setor 50 kg sampah dari sungai,” tegas Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Selasa (12/11).

Baca Juga:  Gagal Eksekusi Penalti Kontra Chelsea, Aguero: Itu Keputusan Buruk

Yana menjelaskan, kebiasaan buruk masyarakat dalam membuang sampah ke sungai masih sering ditemukan. Tak heran jika tumpukan sampah masih ditemukan di aliran-aliran sungai.

Pihaknya akan terus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Bandung. Salah satunya dengan pemasangan jaring-jaring di setiap sungai untuk mendeteksi warga yang masih bandel.

Yana berharap, dengan sanksi sosial seperti ini, warga bisa berpikir ulang saat akan membuang sampah ke sungai. “Mudah-mudahan dengan sanksi sosial seperti ini bisa mengurangi sampah yang dibuang ke sungai. Karena kalau sanksi administratif Rp 50-100 ribu itu relatif. Bagi sebagian orang itu kecil,” ungkapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga