oleh

Dinkes Siapkan Klaster Kesehatan Selama Musim Penghujan

SOREANG – Jelang musim penghujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap potensi bencana. Pasalnya, menurut Surat Edaran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) (BMKG) tanggal 4 Oktober 2019, terdapat beberapa peristiwa gangguan cuaca atau iklim dengan skala global berupa La Nina lemah dari Bulan November 2019 – Maret 2020.

“Sementara puncak penghujan akan terjadi di Bulan Desember, dan peningkatan curah hujan kembali di Bulan Februari – Maret 2020. Oleh karena itu, kami imbau kepada masyarakat Kabupaten Bandung untuk tetap waspada terhadap bencana yang sering muncul di musim hujan,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Grace Mediana Purnami, saat ditemui di ruangannya, Jumat (1/11).

Baca Juga:  Dukung Pertanian di Tasik, PLN Sambung Listrik 105.000 VA Ke Perusahaan Penggilingan Padi

Menurutnya, guna menanggulangi potensi bencana alam, pihaknya telah mempersiapkan Tim Gerak Cepat (TGC) Klaster Kesehatan.”Nantinya, klaster kesehatan ini berfungsi dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, genangan, banjir bandang, pergerakan tanah atau longsor serta angin puting beliung,” katanya.

Grace menjelaskan, TGC Klaster Kesehatan juga berfungsi dalam menyiapkan petugas kesehatan, obat- obatan, vaksin, kendaraan dan sarana prasarana pendukung lainnya, seperti Alat Perlindungan Diri (APD) untuk kesiap siagaan penanggulangan bencana.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga