Kertajati Adalah Masa Depan

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa Bandara Husein Sastrane­gara yang menjadi hub propel­ler ini akan mendukung penuh operasional BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka.

PT Angkasa Pura II sendiri menyiapkan Bandara Kerjati untuk melayani penerbangan pesawat jet baik itu berbadan sedang (narrow body) atau berbadan lebar (wide body).

”Bandara Kertajati itu adalah masa depan dari Jawa Barat. Runway di bandara itu beru­kuran 3.000 x 60 meter sudah bisa untuk melayani pener­bangan wide body bukan saja Airbus A330 atau Boeing 777, tapi juga hingga sekelas Airbus A380,” ucap Muham­mad Awaluddin.

Bahkan, tambahnya, runway Kertajati bisa diperpanjang hingga 3.500 meter dan masih ada lahan untuk membangun runway kedua.

”Sementara, di Husein Sastra­negara ukuran runway 2.220 x 45 meter yang maksimal hanya bisa narrow body karena sudah tidak mungkin lagi melakukan pengembangan runway di sana. Belum lagi luasan gedung terminal yang hanya mampu menampung maksimal 4 juta pergerakan penumpang per tahun. Area lahan untuk per­luasan bangunan juga terbatas. Jadi, memang ada keterbatasan untuk pengembangan ban­dara,” tutur Muhammad Awaluddin. (rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan