oleh

Tiga Sekolah jadi Percontohan SPAB

CIMAHI – Tiga sekolah menjadi pilot project Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dari program Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi.

Ketiga sekolah atau madrasah tersebut adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Melong Mandiri 1 di Kelurahan Melong, SD Budhi Karya di Kelurahan Cigugur Tengah, dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 10 di Kelurahan Cibabat.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Cimahi, Rezza Rivalsyah Harahap mengatakan, pembuatan sekolah aman bencana merupakan salah satu upaya pengurangan resiko kecelakaan akibat bencana. Sehingga SPAB sangat penting dilakukan.

Baca Juga:  Kalahkan AS, Indonesia Jadi Produsen Biodiesel Terbesar Dunia

”Selama ini memang belum pernah ada. Jadi tiga sekolah ini sebagai percontohan,” ujar Rezza, di Kantor BPBD Jalan Cihanjuang Kota Cimahi, Senin (9/9).

Menurutnya, penunjukan tiga sekolah tersebut berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan (Disdik). Dimana sekolah tersebut mewakili kelurahan masing-masing.

”Di SPAB ini, kita bentuk tim evakuasi yang bertanggungjawab melakukan penanggulangan bencana, terutama cara menggiring warga sekolah ke titik evakuasi,” ujarnya.

Baca Juga:  Isu KRI Nanggala-402 Kelebihan Muatan, Namun Inilah Penjelasan TNI AL

Dijelaskannya, khusus ditingkat SD, pihaknya membentuk anggota tim evakuasi yang terdiri dari guru, komite sekolah, penjaga sekolah, pihak keamanan, pedagang sekitar sekolah, serta masyarakat. Sedangkan di tingkat SMP, turut melibatkan siswa yang bertanggungjawab terhadap evakuasi sejak di dalam kelas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga