Ratusan Siswa SLB dan Inklusi Ikuti Kejuaraan Piala Wali Kota Cimahi

CIMAHI – Ratusan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) dan inklusi ikut bersaing dalam kejuaraan antarpelajar SLB dan inklusi se-Kota Cimahi merebutkan piala Wali Kota Cimahi 2019.

Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan di Lapangan Pusat Pendidikan Jasmani Angkatan Darat (Pusdijasad), Jalan Pasirkumeli ini dibuka langsung oleh Wali Kota Cimahi, Ajay Muhamad Priatna, Kamis (29/8).

Perwakilan National Paralimpic Committee of Indonesia (NPCI) Kota Cimahi, Ahmad Junaedi mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan bertujuan menjaring atlet disabilitas potensial mulai dari usia dini. Sehingga kelak dapat dibina dan diharapkan bisa membawa nama Kota Cimahi.

”Kejuaraan ini mempertandingkan renang, atletik dan tenis meja,” ungkap Ahmad, disela-sela kegiatan.

Dia menyebutkan, ada sekitar 283 atlet yang mengikuti kejuaraan dengan rincian 225 atlet cabang olahraga atletik, 39 atlet renang dan 19 atlet renang.

”Semua atlet penyandang disabilitas. Mereka mewakili tiap sekolahnya,” sebutnya.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai upaya mencari dan menjaring bibit atlet potensial pada usia dini.

”Penjaringan atlet-atlet usia dini ini untuk proses pembibitan pembinaan hingga siap membawa nama Kota Cimahi pada ajang lebih tinggi sampai tingkat nasional maupun international,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini juga untuk memastikan sejauhmana pembinaan olahraga diterapkan sekolah. Sehingga akan menjadi tolak ukur sejauhmana bimbingan olahraga yang sudah dilakukan di sekolah hingga didapatkan data prestasi atlet.

”Kita berharap punya data yang akurat untuk pembinaan di NPCI Kota Cimahi,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Cimahi Ajay Muhamad Priatna mengatakan, selain menjadi upaya memacu semangat serta menggairahkan aktivitas kegiatan olahraga, kegiatan ini juga menjadi ajang pencarian bibit atlet yang berprestasi.

”Dikejuaraan ini kita jaring atlet yang dapat mewakili daerah ke ajang yang lebih tinggi lagi,” kata Ajay.

Dia berharap, ke depan prestasi yang ditorehkan para atlet disabilitas bisa mengharumkan Kota Cimahi.

”Hal itu menunjukkan warga Kota Cimahi dapat membaktikan kemampuannya agar bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa dengan kegiatan yang menumbuhkan kreatifitas dan inovasi dalam bentuk aktifitas demi memajukan kesejahteraan bersama,” bebernya.

Ajay juga berharap, kejuaraan-kejuaran seperti ini bisa terus digulirkan dan ditingkatkan menjadi event yang lebih besar, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai.

Tinggalkan Balasan