Ikutan Pindah Ibu Kota

BANDUNG – Setelah Pemerin­tah Pusat berencana memin­dahkan Ibu Kota Negara, kini giliran Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ingin memin­dahkan ibu kota Provinsi Jabar.

Emil mengatakan, sebetulnya rencana pemindahan pusat Pemerintah Provinsi Jawa Ba­rat sudah di wacanakan juga sejak dulu. Bahkan, rencana ini sudah masuk dalam kajian.

Dia mengakui, rencana ter­sebut sudah mendapakan lampu hijau dari anggota DPRD Jabar. Bahkan, sudah masuk ke dalam rencana peraturan daerah perubahan Tata Ruang (RT) Rencana Wilayah (RTRW) yang sedang dibahas.

’’ RT/RW Jabar yang nanti disahkan dewan itu, di dalam­nya termasuk persetujuan pemindahan ibukota pemerin­tahan Jawa Barat,’’ kata dia.

Pria yang akrab disapa Emil ini menilai, alasan kuat pin­dahnya ibu kota provinsi agar pusat-pusat pelayanan pe­merintah terpusat menjadi satu. Sehingga dalam mem­berikan pelayanan lebih efe­sien dan maksimal.

’’Kalau sekarang kurang efektif. Kondisi tersebut per­sis seperti di Jakarta sehingga pelanyanan terhadap masy­arakat tidak maksimal,’’kata dia.

Emil berpendapat, kondisi fisik Kota Bandung sama se­peri di Jakarta. Pelayanan untuk kantor-kantor pemeri­tahan terpisah dimana-mana.

Kendati begitu, rencana ini akan dilakukan kajian terlebih dahulu secara matang dalam jangka waktu enam bulan kedepan. Sebab ada bebera­pa aspek jadi pertimbangan. Seperti resiko bencana, akse­sibilitas, tingkat ekonomi, hingga ketersediaan air.

”Nanti Kajian itu dilaksana 6 bulan kedepan, kan semua itu butuh kajian,” ucap Emil.

Disinggung mengenai ren­cana lokasi Ibu Kota provinsi dia menyebutkan ada tiga lokasi seperti Tegalluar, Wali­ni dan Segitiha Rebana.

’’ Ini masih jadi wanaca, tapi masih kita kaji lagi,’’ kata dia.

Terpisah, Wakil Komisi VI Daddy Rohanady menang­gapi rencana pindahnya ibu kota provinsi itu. Menurutnya, secara kelembagaan maupun keputusan fraksi belum kelu ar secara resmi mengenai usulan Gubenur tersebut. Sehingga, tidak bisa dikatakan menyetujui ataupun meno­laknya.

Untuk itu, jika rencana ini ingin diajukan sebaiknya ter­lebih dahulu harus melakukan berbagai kajian dari berbagai sisi. Sehingga, nantinya akan ada keputusan harus pindah keman

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan