Hasim Ingatkan Gubernur untuk Fokus Benahi Jabar dan Penuhi Janji

BANDUNG – Jelang satu tahun kepemimpinan Ridwan Kamil (RK) sebagai Gubernur Jawa Barat, Hasim Adnan, salah seorang Anggota DPRD Jawa Barat terpilih dari PKB, mengingatkan agar Kang Emil, lebih fokus mengurusi Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Hasim dalam Diskusi Terbatas yang digelar DPW PKB Jawa Barat, di Creative Room, jl. KH. Ahmad Dahlan No.1A, Kota Bandung (27/8/2019) lalu. Sebagaimana diketahui, Emil dilantik pada 5 September 2018.

”Artinya kurang lebih sepekan ke depan, Kang Emil akan genap setahun memimpin Jawa Barat. Nah, saya menilai dalam setahun ini, masih banyak janji kampanye yang belum terlihat wujud nyatanya,” beber Hasim saat membuka diskusi.

Dikatakan demikian, karena ketika ditelusuri lebih jauh di tingkat grass root, masyarakat Jawa Barat sebagian besar belum merasakan perubahan nyata dari gagasan-gagasan yang dimunculkan Emil. Hal ini sangat kentara, manakala banyak konstituen yang menyampaikan peringatan kepada Hasim terkait janji-janji yang pernah dilontarkan Emil saat kampanye.

Hasim mencontohkan tidak sedikit para Kiai Pimpinan Pondok Pesantren yang menghubunginya, terkait kelanjutan program yang akan membantu pengembangan Pesantren-pesantren di Jawa Barat, melalui CSR BUMD milik Pemprov Jabar.

”Setidaknya sudah ada tujuh Pimpinan Pondok Pesantren yang menghubungi saya, mempertanyakan kelanjutan program CSR. Padahal, Kang Emil waktu itu berjanji akan merealisasikannya sebelum pelaksanaan Pilpres dan Pileg serentak,” ungkap Hasim.

Selain perkara CSR yang disoal, Hasim juga merespon pernyataan Emil yang ikut-ikutan mengkritik Ibu Kota Baru yang menurut RK boros lahan. Baginya, Emil berhak mengkritik apa saja, termasuk soal Ibu Kota Baru, tapi Hasim mengingatkan agar Gubernur fokus membenahi segala urusan di Jawa Barat yang menjadi tanggung jawabnya.

”Jauh lebih bijak dan elegan, bila Kang Emil fokus urus Jawa Barat. Kalau memang Gubernur saat ini punya keinginan untuk tampil menjadi salah satu kandidat pada Pilpres 2024 yang akan datang, yaa urus Jawa Barat sampai benar-benar Juara Lahir Batin,” papar Hasim menambahkan.

Lebih jauh, Hasim menyoroti beberapa program yang sudah dilaunching oleh Emil, tapi progresnya dinilai sangat lamban. Seperti program kredit Mesra (Mesjid Ekonomi Sejahtera) yang dirilis pada akhir november 2018. Hingga saat ini, publik tidak mendapat akses informasi terkait berapa jumlah masyarakat yang sudah memanfaatkan program tersebut.

Tinggalkan Balasan