Refilosofi Etika Lingkungan untuk Membangun Pendidikan Masa Depan

BANDUNG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPI Cibiru menggelar Seminar Nasional Ekopedagogik yang bertemakan ‘‘Refilosofi Etika Lingkungan untuk Membangun Pendidikan Masa Depan’’, kegiatan seminar ini merupakan acara puncak setalah mengabdi 40 hari kepada masyarakat Ciparay.

”Tujuannya kita ingin mengubah mindset masyarakat, apalagi kita sendiri kemudian mengubah perilaku kita terhadap lingkungan, kita KKN di Citarum Harum. Nah itu kan, ya perilaku kita masih membuang sampah ke sungai membuang limbah ke sungai itu yang mau kita ubah etika masyarakatnya,” ujar Arif Syarifudin saat ditemui Jabar Ekspres di Graha Wirakarya, Jalan Laswi-Ciparay, Desa Manggungharja, Kabupaten Bandung, Sabtu (24/8).

Acara seminar ini dihadiri oleh Direktur Kampus UPI Cibiru, Dansektor 5, Dansektor 21, Tokoh-tokoh masyarakat dan mahasiswa KKN UPI Cibiru di dua Kecamatan. Tidak hanya itu, pada seminar inipun menghadirkan pemateri yang handal dibidangnya. Seperti Dr Ir Siti Nurbaya Bakar M Sc (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia), Ir Bambang Rianto M Sc (Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat), dan Dr Phil Reza A A Wattimena, S S M Hum (Dosen Hubungan Internasional Universitas Presiden Cikarang).

Arif mengatakan, latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah karena masih adanya pencemaran lingkungan. Dengan acara ini, lanjutnya, pihaknya ingin mengubah etika masyarakat terhadap lingkungan nanti, sehingga dampak tujuannya untuk membangun pendidikan masa depan.

”Ini sebenarnya puncak dari KKN-nya, Jadi 40 hari sebelum nya kita sudah KKN di dua kecamatan dan mudah mudahan kita bisa terus memfollowup program program KKN yang sudah kita laksanakan,” katanya.

Dia juga berharap melalui seminar nasional ekopedagogik ini dapat memberikan pemahaman kepada para masyarakat, mahasiswa. Dengan harapan bagaimana pembelajaran ekologis bernuansa ekopedagogik dan maknanya dapat mencapai tujuan.

”Harapan nya kita bisa menjaga lingkungan dengan ilmu-ilmu yang sudah diberikan oleh pemateri kita bisa merubah etika masyarakat kita bisa merubah etika kita sendiri dengan berprilaku kepada lingkungan menjaga lingkungan tidak mungkin juga bencana datang pada kita akibat kita sendiri,” harapnya.

Sementara itu, Reza A A Wattimena yang dipercaya menyampaikan materi Etika Filsafat Lingkungan, saat ditemui Jabar Ekspres seusai seminar menuturkan pihaknya sangat mengapresisasi kepada mahasiswa KKN UPI yang telah menggelar acara seminar ini.

Tinggalkan Balasan