Mengisi Kemerdekaan dengan Peningkatan Pelayanan dan Prestasi

Masih pada bulan yang sama, lanjut Dian Pemkab Bandung mendapat Predikat BB dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN-RB), atas penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018. Sementara di bulan April, Pemkab Bandung mendapatkan penghargaan sebagai TOP Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2019 dan melalui prestasi Salman Amrillah, qori asal Ciwidey yang berhasil meraih Juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di Teheran Iran, membawa nama harum Kabupaten Bandung di dunia internasional.

Lebih jauh ia menjelaskan, pada bulan Mei secara tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2016 sampai 2018, akuntabilitas keuangan Pemkab Bandung mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. “Hatrrick WTP atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pemerintah daerah ini menjadi sejarah tersendiri buat Kabupaten Bandung,” tuturnya.

Berlanjut di bulan Juli, kata dia, sedikitnya lima penghargaan diraih. Antara lain, Bupati dianugerahi penghargaan sebagai Tokoh Nasional Peduli Lansia dari Kementerian Sosial RI, kemudian melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Teratai 21 Kecamatan Ciwidey, Pemkab mendapatkan penghargaan Pakarti Utama III untuk kategori Lomba Posyandu Kabupaten Tahun 2019.

Dari sisi perekonomian, tambah Dian pemerintah daerah juga mendapatkan penghargaan sebagai Nomenklatur Tunggal Bidang Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI.

Sedangkan dari aspek kesehatan, Pemkab meraih Penghargaan Pastika Parama dari Kementerian Kesehatan RI. “Kementerian RI menilai Pemkab Bandung berhasil menetapkan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR),” bebernya.

Prestasi lain yang tidak kalah membanggakan, adalah masuknya Taman Pacantells (Pangulinan Cacah Menak – Taman Edukasi Lalu Lintas Sabilulungan) sebagai Top 99, dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Nasional, Kontes Ternak Jabar 2019, yang berlangsung di Indramayu pada 23 – 24 Juli 2019 lalu. Selanjutnya, dalam dua tahun berturut-turut (2018 dan 2019), Pemkab mendapatkan Anugerah Raksa Prasada untuk Kategori Kabupaten/Kota Peraih Sekolah Adiwiyata Terbanyak.

“Alhamdulillah pada bulan Agustus ini, dua prestasi kembali kita raih. Pertama, penghargaan di bidang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan yang kedua melalui prestasi Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari yang berhasil meraih juara dua pada Lomba Desa tingkat Jawa Barat tahun 2019,” pungkasnya. (adv/yul/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan