21 Tim Siap Beradu Strategi, Super Jalapa Liga 3 Seri 1 Jawa Barat Digelar Hari Ini

BANDUNG– Sebanyak 21 tim (klub) dari berbagai wilayah di Jawa Barat yang terbagi dalam tiga grup akan memeriahkan perhelatan kompetisi sepakbola Super Jalapa Liga 3 Tingkat Jawa Barat tahun 2019.

Kegiatan tersebut didukung penuh oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Barat dan Super Soccer.

Perwakilan Super Soccer, Dicky Dwi Saptono usai Launching Super Jalapa Liga 3 Jabar 2019 di Bandung (16/8) mengungkapkan, secara resmi kompetisi Super Jalapa Liga 3 Jabar resmi diluncurkan. Tahun ini, kompetisi sedikit berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

“Di antaranya Super Jalapan Liga 3 Jawa Barat akan digelar dalam dua seri. Sebanyak 21 tim dari Jawa Barat akan bertarung di 13 tempat,” kata Dicky, Jumat (16/8)

Beberapa tempat tersebut di antaranya, Tasikmalaya, Majalengka, Sumedang, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Bekasi, Bogor, Sukabumi, Karawang, dan Purwakarta.

Menurutnya, kompetisi ini semakin menasbihkan Super Soccer yang terus konsisten mendukung penyelenggaraan Super Jalapa.

Dicky menambahkan, ini merupakan tahun ketiga Super Soccer bekerja sama dengan Asprov PSSI Jawa Barat. “Melalui kompetisi seperti ini, kami ingin ada bibit unggul dan berprestasi. Kita ketahui Jawa Barat punya potensi dan bibit unggul untuk sepak bola Indonesia,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk pertama kalinya juga pada kompetisi ini diberlakukan Club Licensing Khas Jawa Barat. Hal ini dilakukan guna menyeleksi 21 klub peserta Seri 1. Club Licensing terdiri dari empat aspek, mulai dari aspek organisasi dan manajemen klub, aspek fasilitas, aspek keuangan, dan aspek supporting.

“Ini dilakukan kepada semua tim yang mengikuti kompetisi ini, ke empat aspek tersebut sebenarnya tercantum dalam FIFA Club Licensing Regulations tetapi di Jawa Barat diatur berdasarkan kearifan lokal Jawa Barat,” tambahnya.

Hal lain yang baru dalam kompetisi di tahun ini, ujar dia, bahwa Liga 3 Seri 1 ini berbasis online, sistem yang merujuk ke dalam SIAP (Sistem lnformasi dan Administrasi PSSI). Klub melakukan pendaftaran pemain secara online. “Tim atau klub melakukan pendaftaran secara online,” lanjutnya

Sementara itu, Ketua Asprov PSSI Jabar Tommy Apriantono mengatakan, Super Jalapa Liga 3 Jawa Baratini merupakan Liga 3 yang pertama berjalan di Indonesia di tahun ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan