Ciptakan Suasana Nyaman, Polda Jabar gelar Tabligh Akbar

BANDUNG – Upaya agar terciptanya suasana kamtibmas yang aman, tentram, dan kondusif, khususnya di wilayah hukum Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) mengadakan Tabligh Akbar dan Istighosah di Masjid Al-Amman Mapolda Jabar, Rabu (7/8).

Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Rudy Sufahriadi mengatakan, kegiatan Tabligh Akbar dan Istighosah tersebut bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi antara Ulama dan Umara dalam membangun persatuan umat serta komunikasi intelektual, spiritual, dan sosial, guna mempererat hubungan dalam bertoleransi dan kerukunan antara umat beragama.

”Islam adalah agama ”Rahmatan lil Alamin”, yang mengajak pada kedamaian dan menghargai perbedaan, untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, tentram dan kondusif sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa kemerdekaan Indonesia, tidak terlepas dari peran para ulama dan tokoh agama dalam melawan penjajah,” katanya usai usai Tabligh Akbar dan Istighosah.

Menurutnya, pada awal kemerdekaan banyak para tokoh dari berbagai kalangan agama dan daerah ikut mempersiapkan kemerdekaan serta aktif dalam parlemen dan pemerintahan, sehingga harus disadari bersama, bahwa kemerdekaan yang kita nikmati saat ini yaitu berkat para pendahulu. ”Mengecilkan perbedaan dan memperbesar kesamaan kepentingan dengan bersatu untuk berjuang meraih kemerdekaan,” katanya.

Rudy menjelaskan, apa yang telah dilakukan para pendahulu, tentunya menjadi tauladan bahwa untuk meraih sesuatu yang besar perlu adanya rasa persatuan dan kesatuan. ”Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar dan dimungkinkan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, namun perlu kita sikapi dengan baik, sebagai khasanah kekayaan potensi dan budaya bangsa,” akunya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan menyadari beragam perbedaan tersebut, para pendahulu bangsa, sejak awal telah bersepakat untuk melebur perbedaan itu menjadi kesatuan, yang diikat oleh semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang terbukti ampuh sebagai landasan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. ”Secara umum wilayah hukum Polda Jawa Barat selama pelaksanaan Pemilu 2019 hingga saat ini, situasi Kamtibmas aman dan kondusif. Hal ini, berkat sinergitas dan soliditas serta kerjasama yang baik antara segenap unsur TNI- Polri, Pemerintah Daerah dan tokoh dari semua komponen,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan