Emil Tunjuk Daud Ahmad Jadi Plh Sekda Jabar

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat H. Ridwan Kamil menunjuk Daud Ahmad sebagai Pelaksana Harian (PLH) Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) setelah Iwa Karniwa ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan kasus suap proyek Meikarta.

Pihaknya sudah berkonsultasi dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pemberhentian atau pemberhentian sementara seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat permasalahan hukum.

Emil menginginkan, sebagai warga negara yang baik Iwa Karniwa agar bisa fokus menjalankan proses hukum.

’’ Jadi pada aturan-aturan ini ada yang harus dipatuhi,’’kata pria yang akrab disapa Emil ini dalam konferensi Pers di Gedung Sate, Selasa, (30/7).

Dia mengatakan, pihaknya belum tahu pasti tindakan kedepan Pemprov Jabar apakah akan memberikan bantuan hukum atau tidak. Namun untuk rencana ini akan dibahas berdasarkan aturan berlaku.

” Saya kira bagaimanapun akan disesuaikan dengan aturan dan proses perundang-undangan yang berlaku seperti apa, kami akan ikuti sesuai aturan, sehingga belum bisa diputuskan jawabannya seperti apa dibantu atau tidak, saya kira masih kita bahas secara aturan” kata Emil.

Orang nomor satu di Jawa Barat, menjamin pihaknya akan berkotmitmen untuk memperbaiki kekurangan di masa lalu dan melanjutkan hal dinilai baik. Termasuk dalam pemberantasan korupsi, KKN clean government.

Untuk mendukung ini pihaknya sudah menerapkan e-budgeting baik Pemdaprov Jabar maupun untuk Kabupaten/Kota. Sehingga, dengan terbentuknya sistem ini jalannya pembangunan sesuai aturan.

“Hal yang kita maksimalkan, kita ada e-budgeting, e-planning, e-monitoring dan lainnya itu semata-mata kita memperbaiki proses,” katanya.

Emil menghibau, kepada para kepala daerah Kabupaten/Kota agar terus memperbaiki semangat kepada para jajaranya.

Tiga pesan yang selalu sampaikan yaitu integritas, melayani sepenuh hati dan profesional bisa terwujud dalam setiap diri ASN yang ada lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

” Kami juga imbau kepada para kepala daerah, terus memperbaiki semangat clean government dan integritasnya, termasuk kepada ASN supaya tiga pesan itu bisa ada dalam diri ASN,” imbaunya.

Sementara itu, Sekda Jabar Nonaktif Iwa Karniwa angkat bicara terkait kasus yang sedang menimpanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan