oleh

Ketua DPRD Cimahi Dipastikan Diduduki PKS

CIMAHI – Partai Gerindra Kota Cimahi harus gigit jari melihat penetapan hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi. Sebab, partai besutan Prabowo Subianto itu kemungkinan tak akan mendapatkan jatah sebagai Ketua DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024.

Padahal, raihan kursi Partai Gerindra dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sama-sama mendapat tujuh kursi. Namun, Partai Gerindra kalah jumlah total suara dibandingkan dengan PKS.

Baca Juga:  Dampak Buruk Minum Teh Saat Sahur

Berdasarkan data yang dihimpun dari KPU Kota Cimahi, jumlah suara sah yang diperoleh PKS mencapai 53.950 suara sah. Unggul jauh dari Partai Gerindra yang meraih 41.937 suara sah.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, lalu turunanya di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018, salah satu penentuan unsur pimpinan adalah jumlah suara keseluruhan. Dengan begitu, posisi Ketua DPRD Kota Cimahi kemungkinan akan didapat PKS.

Baca Juga:  Iis Dahlia Klarifikasi Soal Insiden Salah Lirik Lagu "Ramadan Tiba"

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Cimahi, Bambang Purnomo mengatakan, pihaknya menerima hasil pleno yang ditetapkan oleh KPU Kota Cimahi. Hasil Pemilu 2019, PKS menjadi partai yang mendulang suara terbanyak dibandingkan partainya.

”Kemungkinan besar PKS. Sama-sama 7 kursi, namun jumlah suara PKS lebih besar dari Gerindra. Kita legowo, ikuti aturan karena PKS suaranya lebih banyak,” jelas Bambang saat dihubungi, Senin (29/7).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga