oleh

134 Desa di Bandung Barat Dinyatakan ODF

NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan mengapresiasi kepada 61 Kepala Desa yang sudah mendeklarasikan Open Defacation Free (ODF) atau yang lebih dikenal dengan bebas dari buang air besar sembarangan belum lama ini. Tercatat, hingga kini 134 desa dari 165 desa yang ada di Kabupaten Bandung Barat dinyatakan ODF atau tertinggi di Jawa Barat.

“Alhamdulillah, tinggal 31 desa lagi yang masyarakatnya masih melakukan buang air besar sembarangan. Kami akan terus berupaya hingga seluruh desa di KBB bisa ODF, sehingga bisa menjadikan hidup sehat bagi warga,” kata Hengki.  

Diakuinya, memang masih banyak masyarakat yang masih buang air besar sembarangan. Namun, seiring berjalannya waktu tingkat kesadaran masyarakatpun semakin tinggi, sehingga kasus buang air besar sembarangan terus berkurang setiap tahunnya.

Hal tersebut terjadi berkat kerja keras para kepala desa dan seluruh stakeholder terkait dalam memberikan penyuluhan dan pengarahan kepada masyarakatnya agar tidak lagi membuang air besar sembarangan. “Kebaradaan MCK di setiap kampung semakin banyak. Yang berdampak pada terus menurunnya kasus buang air besar sembarangan. Dan para kades juga ternyata tidak tinggal diam, mereka terus bergerak semata-mata untuk kesehatan,” terangnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga