Dongkrak Pariwisata Waduk Jatiluhur

PURWAKARTA – Untuk mendongkrak sektor pariwisata di waduk Jatiluhur Kabupaten Purwakarta perlu adanya even sebagai sarana promosi obyek wisata tersebut. Salah satunya adalah 1st Jatiluhur Stand Up Paddle and Kayak Exibition.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengatakan, even ini  mengawali kesepakatan antara Pemprov Jawa Barat dengan Perum Jasa Tirta II.

’’Sudah bersih sekali dan nyaman, Tinggal difasilitasi keinginan para wisatawan, sehingga Jawa Barat bisa menaikkan potensi wisata berlipat-lipat,” kata Emil ketika menghadiri pembukaan 1st Jatiluhur Stand Up Paddle and Kayak Exibition Minggu, (14/7)

Menurutnya, potensi pariwisata di Waduk Jatiluhur harus mendapatkan atensi. Pasalnya, kata dia, hal tersebut dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat dengan cepat karena muncul lapangan kerja baru.

Selain itu, dukungan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dapat mengembangkan potensi wisata Waduk Jatiluhur secara maksimal. Hasilnya, roda ekonomi di wilayah tersebut akan berputar lebih cepat.

“Dari yang paling bawah ngurus parkir, naik kelas ngurus warung, naik kelas lagi punya restoran, naik kelas lagi punya penginapan selanjutnya punya hotel kecil. Semua ada dilintasan ekonomi parawisata,” katanya.

“Dan kalau itu terjadi, saya yakin indeks pengangguran di Kabupaten Purwakarta bisa turun luar biasa,” lanjutnya.

Disinggung mengenai keberadaan jaring apung. Pihaknya akan mengatur melalu dinas terkait. Sehingga,  nantinya roda ekonomi lokal tetap berputar dan potensi kerusakan lingkungan bisa ditekan.

“Buat ikan dan badan danaunya itu tidak bercampur secara langsung. Sehingga memberi makan ikan dan lain-lain oleh sebuah cara yang membuat produksi ikan tetap, ekonomi rakyat terjaga, tapi mengurangi potensi kerusakan lingkungan yang secara signifikan,” katanya.

Guna merealisasikan hal tersebut, kata Emil, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan lembaga maritim dari Swiss dan ITB terkait teknologi pengganti jaring apung. Nantinya, teknologi tersebut akan digunakan di semua Keramba Jaring Apung Jawa Barat.

“Kita mah mana aja yang menolong yang kita terima dan solusinya, ternyata saya pahami bisa jadi solutif,” katanya.

Direktur utama Perum Jasa Tirta II (PJT II) U. Saefudin Nur mengatakan bahwa 1st Jatiluhur Stand Up Paddle and Kayak Exibition dapat meningkatkan pamor Waduk Jatiluhur. Sebab, event tersebut akan membuat keindahan Waduk Jatiluhur menjadi perbincangan di media sosial.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan