Bersama FKBS, Dishub Kembalikan Fungsi Terminal

SOREANG – Guna mengembalikan fungsi terminal di Kabupaten Bandung, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung bekerjasama dengan Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS) untuk membersihkan terminal Banjaran, Selasa (2/7/2019).

Kepala Dishub Kabupaten Bandung  Zeis Zultaqawa mengatakan, untuk mengembalikan fungsi terminal di Kabupaten Bandung. Pihaknya akan melakukan pembersihan dan menertibkan terminal, mulai dari sampah, PKL dan Parkir Liar.

“Seperti kita ketahui bersama, terminal merupakan bagian dari pelayanan publik yang juga sebagai titik simpul pertemuan antara penumpang dan layanan transportasi. Total terminal di Kabupaten Bandung sendiri berjumlah sembilan terminal,” Kata Zeis disela-sela kegiatan Sabilulungan Sayangi Terminal (Salsaminal) di Terminal Banjaran.

Menurut Zeis, alasan dijadikannya terminal Banjaran sebagai lokasi pertama kegiatan salsaminal. selain kondisi terminal yang kotor, juga merupakan salah-satu akar kemacetan di Banjaran. Oleh karena itu kami mulai kegiatan salsaminal, dengan harapan fungsi terminal dapat kembali seperti sebelumnya.

”Jika terminal sudah bersih dan nyaman, diharapkan tidak ada lagi angkot yang ngetem di luar, semuanya harus masuk terminal, penumpangpun harus masuk ke dalam. Ini semua kami lakukan sesuai dengan jargon kami, yakni sasalaman (Sabilulungan Salamet, Lancar, Aman tur Nyaman),” katanya.

Terminal Banjaran sendiri, lanjut Zeis, melayani lima trayek atau sekitar 1.000 kendaraan per hari. Guna menjaga kondusivitas terminal, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bandung untuk melakukan penertiban kios-kios ilegal yang berada di terminal.

”Untuk penertiban PKL (pedagang kaki lima), Februari kemarin kami sudah memberikan sosialisai kepada pedagang untuk membongkar kiosnya. Jika masih bandel, Satpol PP selaku penegak perda (peraturan daerah) akan membongkar secara paksa,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua FKBS Kurnia Agustina M Naser menjelaskan, termos merupakan salah satu program inovasi yang dimiliki FKBS untuk mewujudkan Kabupaten Bandung Sehat.

“Terminal yang sehat memiliki beberapa kriteria, diantaranya memiliki ruang tunggu, toilet yang bersih, tempat parkir, tempat ibadah, tempat sampah, kendaraan bebas rokok, fasilitas kesehatan, ruang laktasi, fasilitas pejalan kaki dan taman,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi kegiatan salsaminal yang dipelopori Dishub Kabupaten Bandung. Ia berharap kegiatan tersebut tidak hanya seremonial saja, namun terus dilaksanakan masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan