Jepang Jadi Mitra Strategis Jawa Barat

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mene­rima kunjungan Duta Besar Jepang untuk Republik Indo­nesia, Masafumi Ishii, di Ge­dung Negara Pakuan, Kota Bandung, Jumat (28/06).

Dalam kunjungan tersebut, Masafumi Ishii mengungkapkan bahwa Jawa Barat merupakan wilayah yang sangat istimewa. Hal itu tidak lepas dari sentuhan dan upaya Gubernur Ridwan Kamil sebagai pemimpin dalam melakukan pembangunan.

”Satu alasan lagi yang mem­buat saya seperti sahabat dengan Pak Gubernur adalah kita sama-sama fans Liverpool FC,” ucapnya.

Masafumi Ishii pun menya­takan bahwa Jepang dan In­donesia mempunyai hubung­an yang baik. Saat ini, kata dia, ada sekisar 19.000 warga Jepang yang tinggal di Indo­nesia, 3.000 di antaranya ber­tempat tinggal di Jawa Barat.

Selain itu, sekisar 700 dari 1.800 perusahaan Jepang di Indonesia beroperasi di wi­layah Jawa Barat. Maka itu, kata Masafumi Ishii, Indone­sia, khususnya Jawa Barat, menjadi salah satu mitra ter­penting bagi Jepang.

”Khususnya di wilayah Cikarang sebagian besar perusahaan Je­pang beroperasi di sana,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Masafumi Ishii ingin menjadi­kan pertemuan dengan Emil –sapaan akrab Ridwan Kamil—untuk memperkuat hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia, baik antar ne­gara maupun antar individu.

Masafumi Ishii menilai lang­kah Pemerintah Daerah Pro­vinsi (Pemdaprov) Jawa Barat menjadikan sektor pariwi­sata sebagai sumber kekuatan ekonomi baru adalah hal yang tepat. Dia menyebut pihaknya siap memberi dukungan. (*)

Tinggalkan Balasan