Pemeriksaan Hewan Gratis Disambut Antusias Warga

NGAMPRAH– Penyelenggaraan pemeriksaan hewan gratis yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) selama dua hari pada 18-19 Juni 2019 lalu yang juga dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Bandung Barat ke-12, disambut antusias masyarakat pecinta hewan.

“Sambutan masyarakat luar biasa, mereka datang membawa hewannnya untuk dilakukan pemeriksaan. Kami laksanakan dua hari, kebanyakan dari mereka (masyarakat, red) yang datang untuk memeriksakan hewan peliharaannya itu, dari komunitas pecinta hewan yang ada di Padalarang dan Ngamprah,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Disnakan Kabupaten Bandung Barat, Wiwin Apriyani, kemarin (22/6).

Wiwin menjelaskan, warga yang datang untuk memeriksakan hewan peliharaannya, kebanyakan yakni kucing, anjing dan musang. Pemeriksaan hewan gratis ini bekerja sama dengan Rumah Sakit Hewan Provinsi Jawa Barat.

“Pada hari pertama itu pasiennya ada sebanyak 65 ekor. Dan hari kedua ada 74 ekor. Total pasien hewan yang diperiksa sebanyak 139 ekor, itu hewannya anjing, kucing dan musang,” katanya.

Untuk pengobatan yang dilakukan para dokter hewan ini, kata dia, mulai dari vaksinasi dan konsultasi. “Kebanyakan hewan yang diperiksa itu, hanya mengalami penyakit hewan pada umumnya, seperti diare, penyakit kulit dan muntah,” ujarnya.

Menurut Wiwin, pengobatan gratis untuk hewan sebagai upaya dari pihaknya untuk menjalankan visi Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, yakni Bandung Barat Bahagia. “Untuk pecinta binatang, kalau peliharaannya sehat kan pemiliknya juga ikut bahagia,” ucapnya.

Ke depannya, tambah dia, pengobatan gratis hewan ini rencananya akan dilaksanakan rutin sesuai dengan permintaan dari masyarakat. “Jadi nanti bisa saja kami akomodir permintaan masyarakat atau komunitas pecinta hewan, untuk dilakukan pengobatan gratis,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan