Kerja Sama Bidang Pendidikan

SOREANG – Pemerintah Ka­bupaten (Pemkab) Bandung jalin kerjasama dengan empat instansi terkait pendidikan, kesehatan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Keempat instansi ter­sebut yaitu Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN), Akademi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan (API­KES), Sekolah Tinggi Farmasi Bandung (STFB) dan Yayasan Sayang Tunas Cilik.

Penandatanganan Memo­randum of Understanding (MoU) tersebut, dilakukan Wakil Bupati (Wabup) Bandung Gun Gun Gunawan dengan perwakilan keempat instan­si. Menurut Gun Gun, Kerja­sama tersebut, berkenaan dengan visi dan misi Pemkab Bandung yaitu sebagai upaya memantapkan Kabupaten Bandung yang maju, man­diri dan berdaya saing.

”Untuk memantapkan SDM yang siap maju, mandiri dan berdaya saing ini lah, diperlukan beberapa peningkatan kapasi­tas yang saat ini dijalin dalam kerjasama. Hal ini didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektifitas layanan publik, serta azas saling menguntung­kan,” jelas Gun Gun saat ditemui disela-sela MoU di Bale Winaya Soreang, belum lama ini.

Menurutnya, bersama IKO­PIN, kerjasama dalam mening­katkan kualitas SDM, melalui pelatihan, kegiatan pendam­pingan, penelitian dan peng­abdian kepada masyarakat dalam bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Sedangkan dengan, APIKES dan STFB terkait pen­didikan, penelitian dan peng­embangan serta pengabdian kepada masyarakat. Adapun kerjasama dengan Yayasan Sayangi Tunas Cilik, yang ber­kaitan dengan Program advo­kasi pencegahan dan penanga­nan Pneumonia pada anak, peningkatan kesiapsiagaan bencana dan perlindungan anak, serta kesetaraan gender di semua sekolah.

”Kami terbuka untuk beker­jasama, selama hal itu ber­pengaruh pada percepatan dan perbaikan. Terutama untuk peningkatan kemam­puan SDM, baik aparatur pemerintahan maupun ma­syarakatnya. Peningkatan di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian, yang menjadi tujuang kerjasama dengan lembaga pendidikan ini, dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung. Banyak sekali potensi di Kabupaten Bandung yang harus terus dikembangkan,” katanya.

Gun Gun menjelaskan, ke­hadiran dari institusi pendi­dikan akan sangat memban­tu dalam percepatan pembangunan. Kesepakatan yang dijalin menurutnya bu­kan hanya sekadar MoU, te­tapi harus segera diimplemen­tasikan dalam bentuk program kegiatan. Ia pun mengimbau agar jajaran Perangkat Daerah Pemkab Bandung, bisa langs­ung berkoordinasi dengan keempat pihak tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan