Kerja Sama Bidang Pendidikan

”Nanti ada pemberdayaan masyarakat, silahkan Kabupaten Bandung dijadikan laboratorium, karena dengan banyaknya pe­nelitian maka bisa kami jadikan bahan evaluasi untuk jalannya pemerintahan,” tuturnya.

Sementara itu dalam sambu­tannya Rektor IKOPIN Dr. Ir. Burhanuddin Abdullah men­jelaskan, diperlukan pendeka­tan yang lebih efektif dan efisien untuk memecahkan masalah pembangunan. Dijalinnya ker­jasama tersebut, merupakan salah satu upaya untuk mening­katkan kapasitas dan kemam­puan SDM dalam menghadapi tantangan yang semakin berat.

”Permasalahan kita dalam meningkatkan kemampuan dan pemecahan masalah pembangunan, terletak pada minimnya capacity to imple­ment (kapasitas untuk mengimplementasikan). Yaitu kemampuan dalam mempraktikkan hal-hal yang sudah dipahami, dalam rang­ka memecahkan masalah pembangunan,” Jelasnya.

Dia menjelaskan, ada tiga hal yang diperlukan untuk mening­katkan _capacity to implement_, yaitu human capacity (kapa­sitas SDM), _financial capa­city_ (kemampuan finansial dari APBN dan APBD) dan _po­litical capacity to implement_ (kapasitas politik untuk mengimplementasikan).

”Ketiga hal tersebut seha­rusnya bisa mendorong, baik pemerintah maupun masy­arakat, untuk bersepakat da­lam membangun bangsa,” pungkasnya (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan