Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah 2019

Dalam kegiatan Penguta­maan Bahasa Negara yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan dan Pembi­naan Bahasa dan melalui balai dan kantor di seluruh provinsi di Indonesia, khusus yang disoroti adalah tulisan yang terdapat dalam tujuh objek pengutamaan, yaitu 1) tulisan nama lembaga dan gedung, 2) tulisan nama sara­na umum, 3) tulisan nama ruang pertemuan, 4) tulisan nama produk barang/jasa, 5) tulisan nama jabatan, 6) tu­lisan penunjuk arah atau rambu umum, dan 7) tulisan berbentuk spanduk atau alat informasi lain sejenisnya.

Pada tahun 2018 dan 2019 ini Penggunaan Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik difokuskan dengan memantau tulisan di ruang publik sepu­luh instansi/lembaga per ka­bupaten/kota yang meliputi: empat instansi pendidikan, empat instansi swasta, dan dua instansi pemerintahan dengan melihat tujuh objek penguta­maan. Sementara itu, untuk Penghargaan Wajah Bahasa yang baru dilaksanakan tahun ini diambil dari ranah instan­si pendidikan tingkat SLTP (SMP dan MTs).

Setelah dilakukan penyeba­ran informasi melalui media sosial, pengiriman surat ke seluruh dinas pendidikan kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat, dan melalui pe­mantauan langsung di wi­layah kota Bandung, dipero­leh data 107 sekolah tingkat SLTP (SMP dan MTs) dari Kota Bandung, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi yang diikutsertakan dalam penyeleksian untuk diberikan penghargaan.

Penyeleksian dilakukan dua tahap. Tahap pertama oleh tim dari Balai Bahasa Jawa Barat yang diketuai oleh Asep Juanda, M.Hum. yang mengerucutkan peserta menjadi sepuluh no­mine untuk SLTP Negeri dan dua nomine untuk SLTP Swasta. Tahap kedua penilaian akhir oleh tim juri yang terdiri atas tiga orang, yaitu Drs. Sutejo (Kepala Balai Bahasa Jawa Barat), Dr. Mia Ru­miasari, M.Si. (Sekdis Pendidikan Kota Bandung), dan Drs. Imam Jahrudin Priyanto, M.Hum. (Jur­nalis senior Pikiran Rakyat dan Pemred PR TV). Para Juri me­nentukan lima pemenang untuk kategori SLTP Negeri dan satu untuk kategori SLTP Swasta. Para pemenang tersebut berhak mendapatkan piagam penghar­gaan, piala, dan uang pembi­naan total Rp15.500.000,00. Nama-nama SLTP tersebut, yaitu SMPN 25 Kota Bandung mendapatkan uang pembinaan Rp5.000.000,00, SMPN 41 Kota Bandung mendapatkan uang pembinaan Rp4.000.000.00, SMPN 36 Kota Bandung menda­patkan uang pembinaan Rp3.000.000,00, SMPN 13 Kota Bandung mendapatkan uang pembinaan Rp2.000.000,00, SMPN 23 Kota Bandung menda­patkan uang pembinaan Rp1.000.000,00, dan SMP Santo Mikael kota Cimahi mendapat­kan uang pembinaan Rp500.000,00. Untuk lima SMP Negeri akan diikutsertakan dalam lomba sejenis tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kemendikbud RI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan