KPU Bandung Barat Gelar Rapat Pleno Dua Hari

NGAMPRAH– Komisi Pemi­lihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat menggelar sidang pleno yang dilaksana­kan di Hotel Grand Forest Desa Cihideung Kecamatan Parongpong. Kegiatan tersebut berlangsung dua hari yakni Jumat (3/5) dan Sabtu (4/5).

Pembacaan perolehan su­ara dari beberapa kecamatan di KBB disampaikan oleh Ketua KPU KBB Adie Saputro sekitar pukul 10.00.

“Acara ini digelar dua hari dan alhamdulillah sejak pukul 10 pagi berjalan dengan baik. Tercatat, dari dua kecamatan yang sudah selesai dibacakan yaitu Kecamatan Saguling dan dilanjutkan Kecamatan Ba­tujajar,” ujar Adie, kemarin.

Menurut Adie pada per­hitungan pertama pada Ke­camatan Saguling prosesnya agak lama karena pembacaan laporannya secara detil. Se­hingga pada pembacaan data untuk Kecamatan Batu­jajar, agak dipersingkat diba­cakan yang inti utamanya saja tanpa mengurangi esen­si suara.

“Setelah rakor selasa kema­rin kita ingin penyederha­naan dalam pembacaan, namun tidak mengurangi esensi suara. Karena satu ke­camatan saja bisa memakan 1 jam saat pembacaan data suara,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri langs­ung oleh Kapolres Cimahi, Dandim, para saksi, parpol, dan masyarakat lainya, yang ikut memantau sidang pleno tersebut.

Dia menyebutkan, dalam Pemilu 2019 kali ini, data pe­milih meningkat hingga 80 persen yang jauh dari Pe­milu 2014 sebesar 75 persen.

“Pemilu 2019 saat ini sang­at luar biasa melelahkan, namun partisipasi pemilih saat ini naik menjadi 80 per­sen dari pemilu terdahulu,” katanya.

Data perolehan suara untuk kecamatan batas waktu sampai dengan 4 Mei, kemudian untuk kabupaten 7 Mei, dilanjutkan untuk tingkat provinsi yaitu 12 Mei, dan untuk KPU RI yaitu tanggal 22 Mei 2019.

“Kita optimis semua bisa berjalan lancar tanpa ada ken­dala apapun,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan