40 Persen Anggaran Infrastruktur Jalan Difokuskan di Selatan

NGAMPRAH– Sebanyak 40 persen dari anggaran infrastruktur jalan yang mencapai Rp 180 miliar akan difokuskan bagi wilayah selatan, meliputi Kecamatan Batujajar, Cihampelas, Cililin, Sindangkerta, Cipongkor, Gununghalu hingga Rongga dengan panjang jalan mencapai 100 kilometer. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Barat, Anugrah saat dijumpai Jabar Ekspres di Ngamprah, Selasa (2/4).

Menurut Anugrah, infrastruktur wilayah selatan menjadi prioritas di tahun ini tanpa meninggalkan perbaikan jalan di wilayah utara dan barat. Hal itu sesuai instruksi Bupati Bandung barat Aa Umbara Sutisna agar perbaikan di wilayah selatan agar dipercepat. “Bandung Barat memiliki tiga wilayah mulai dari selatan, barat dan utara. Tahun ini selatan jadi prioritas. Tapi di utara dan barat juga tahun ini banyak perbaikan,” katanya.

Untuk wilayah selatan, kata dia, sebagian ruas jalan sudah terbantu oleh adanya proyek PLTA Upper Cisokan. Namun, PUPR juga tetap harus memperbaiki ruas jalan lainnya yang belum tercover. “Memang di selatan kita sudah terbantu dengan adanya proyek Cisokan. Tapi masih banyak juga ruas jalan yang harus diperbaiki di tahun ini menggunakan APBD. Tahun ini selatan ditargetkan seluruhnya bisa selesai untuk menjamin kenyamanan jalan bagi masyarakat,” ujarnya seraya menyebutkan panjang jalan yang dimiliki Bandung Barat saat ini mencapai 560 kilometer.

Pembangunan jalan ini, sebut dia, ditargetkan bisa dimulai di awal Mei mendatang. Bulan April ditargetkan proses lelang di ULP bisa selesai. “Sekarang sudah masuk di ULP untuk proses lelang, targetnya awal Mei sudah mulai pembangunan dan nantinya bisa selesai pada September mendatang. Kita akan terus percepat dan pantau pengerjaan di lapangan. Apalagi tahun ini kita dapat DAK (Dana Alokasi Khusus) sebesar Rp 16 miliar, sebanyak 7 miliarnya merupakan proyek di selatan,” ungkapnya.

Selain pembangunan jalan, ujar dia, ruas jalan di selatan juga bakal diperlebar. Pihaknya saat ini sudah mengajukan bantuan ke gubernur sebanyak Rp 600 miliar yang masuk anggaran 2020 mendatang. “Pengajuan ke gubernur sudah masuk untuk anggaran tahun depan. Ini khusus untuk pelebaran jalan di selatan dari mulai Batujajar hingga Rongga serta Saguling-Rongga, mudah-mudahan bisa terealisasi angkanya,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan