Pengelolaan Keuangan Terus Dibenahi di Setiap SKPD

NGAMPRAH– Pemkab Bandung Barat terus memperbaiki sistem pengelolaan keuangan secara transparan di setiap SKPD untuk semangat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di tahun ini, atas LHP tahun 2018 lalu. Bagaimana peluang Kabupaten Bandung Barat meraih WTP tahun ini? Berikut faktanya yang disampaikan oleh Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bandung Barat melalui Sekretaris BPKD, Lukman Hakim kepada Jabar Ekspres di kantornya, baru-baru ini.

Lukman menyebutkan, ada dua indikator yang menjadi penilaian BPK untuk meraih WTP. Pertama soal pengelolaan keuangan dan kedua soal aset. Bicara pengelolaan keuangan, ada dua hal yang menjadi temuan BPK. Mulai dari kelebihan pembayaran kepada pihak ketiga dan juga soal kecurangan pembayaran (mark up) harga barang dalam sebuah proyek.

“Saya contohkan seperti ada pembangunan proyek pasar. Tiba-tiba hasil dari pemeriksaan BPK volume pekerjaan tidak sesuai dengan pembayaran yang dikeluarkan atau kelebihan bayar. Maka dinas tersebut wajib mengembalikan kelebihan pembayaran sesuai dengan standar pekerjaannya. Contoh kasus tersebut tidak jadi temuan BPK karena hanya kesalahan dari sisi administrasi,” kata Lukman.

Berbeda kasusnya, ujar dia, dengan kasus mark up pada nilai proyek yang tidak sesuai dengan standar harga. Dia kembali mencontohkan, kasus pembanguanan infrastruktur jalan. Sejumlah harga material yang memiliki harga total Rp 100 juta tiba-tiba dinaikan menjadi Rp 150 juta. “Kasus mark up atau kecurangan harga tersebut yang menjadi masalah dan temuan BPK. Itu bisa menyebabkan kita sulit mendapatkan WTP jika terjadi untuk LHP 2018 lalu. Harapannya tidak ada,” ungkapnya.

Dia juga tak menampik, jika melihat laporan keuangan beberapa tahun terakhir hasil dari pemeriksaan BPK ada temuan yang harus diperbaiki. Namun, pihaknya bersama SKPD lainnya terus melakukan pembenahan untuk mengikuti rekomendasi yang diberikan BPK. “Hasil temuan BPK soal pengelolaan keuangan beberapa tahun terakhir sudah ada progres ke arah yang lebih baik. Karena untuk meraih WTP kita tidak bisa lepas dari historis,” katanya seraya menyebutkan menyangkut laporan keuangan pihaknya berupaya menyajikan sesuai dengan standar pemerintahan yang direkomendasikan BPK.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan