Sambut Baik Rencana Pembuatan Danau Andir

SOREANG – Bupati Bandung Dadang M Naser menyambut baik program pemerintah pusat yang merencanakan penambahan kolam retensi banjir di wilayah Kecamatan Baleendah, hal itu untuk menyusul dibangunnya danau retensi Cieunteng dan terowongan curug jompong di margaasih.

Kendati begitu, Dadang mengakui hingga kini pihaknya belum menerima analisa rencana pembangunan danau andir tersebut dari pemerintah pusat.

”Saya sangat mendukung kalau pemerintah pusat membuat lagi danau retensi banjir di Andir. Memang sedang dikaji oleh pemerintah pusat. Analisa kajiannya belum saya terima tapi memang saya juga pernah usulkan begitu,” Jelas Dadang saat ditemui di Soreang, Jumat (8/3).

Menurutnya, kajian tersebut, termasuk diantaranya kajian dari segi rencana tata ruang dan wilayah (RT/RW). Wilayah kabupaten bandung khususnya wialayah kecamaytan Baleendah.

”Jadi, Kementerian PUPR masih mengkaji di titik mana cocoknya Danau Andir itu, karena harus disesuaikan dengan RTRW- nya juga. Misalnya kalau di lahan kuning ya nggak apa-apa dijadikan danau,” jelasnya.

Dirinya menejalskan, memang idealnya kolam retensi banjir itu ditambah setelah kolam retensi banjir Cieunteung dan terowongan Curug Jompong beres dibangun. Terlebih jika pembangunan danau retensi banjir tersebut merupakan kehendak warga Andir sendiri.

”Memang idealnya Danau Andir pun harus ada untuk melengkapi danau Cieunteung dan terowongan Curug Jompong. Untuk urusan teknisnya saya serahkan saja ke Kementerian PUPR karena memang Sungai Citarum itu kan kewenangannya pemerintah pusat. Saya sendiri sangat mendukung,” Aku Dadang.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan polder banjir atau kolam retensi banjir akan ditambah menyusul beresnya pembangunan kolam retensi Cieunteung.

”Ya, memang ada aspirasi dari warga Andir agar di Andir juga dibuatkan kolam retensi. Kita sedang mengkajinya, kemungkinan dibutuhkan lahan sekitar lima hektar di Andir,” Tutup Dia. (rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan