Istri Bupati Diminta Menjabat Pengurus WSI

NGAMPRAH– Yuyun Yuningsih yang merupakan istri dari Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna diminta untuk menjadi pengurus di organisasi Wanita Syarikat Islam (WSI) Kabupaten Bandung Barat.

Pada Jumat (8/3), sejumlah pengurus WSI KBB menggelar audensi dengan Yuyun, tak lain ingin menyampaikan program-program kerjanya ke depan.

“Kalau buat kebaikan demi kemajuan KBB, Insya Allah saya siap,” kata Yuyun ditemui disela silaturahmi pengurus Wanita Serikat Islam di Gedung Setda Bandung Barat.

Rencananya, WSI sendiri akan menggelar musyawarah wilayah pada Juni 2019 mendatang. “Persiapan dimulai April ini dengan membentuk ranting di 16 kecamatan dengan jumlah 500 anggota lebih,” ujar Ketua WSI KBB, Mumu Saefudin.

Keberadaan Wanita Syarikat Islam (WSI) berawal dari Sarekat Siti Fatimah tahun 1918 di Garut dan menjadi salah satu pemrakarsa penyelenggaraan Kongres Wanita Indonesia  yang pertama tahun 1928 dan turut aktif berjuang mencapai Indonesia merdeka. Kelahiran WSI tidak dapat dipisahkan dari  Syarikat Dagang Islam (SDI) 1905 dan Syarikat Islam yang didirikan HOS Tjokroaminoto tahun 1906.

SDI dan SI adalah pelopor pergerakan kebangsaan Indonesia yang paling awal. Kesetaraan serta prinsip persamaan hak dan kedudukan  menjadi salah satu ciri utama organisasi SI. Prinsip persamaan, kebebasan dan persaudaraan dan kemerdekaan menjadi prinsip utama perjuangan SI dalam memperjuangkan Indonesia merdeka. (drx)

Tinggalkan Balasan