Bangun 5 Juta Rumah

JAKARTA – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Arif Bu­dimanta, menyatakan selama ini pemerintahan Presiden Joko Widodo telah mampu merealisasikan target program satu juta rumah, atau tepatnya sebanyak 1.076.856 rumah.

Menurut Arif, target program tersebut bakal ditingkatkan, di mana tidak hanya perumahan rakyat yang dibangun melain­kan seluruh program hunian bagi seluruh masyarakat.

“Satu juta perumahan al­hamdulillah tercapai dengan berbagai skema. Namun, da­lam lima tahun yang akan datang lima juta rumah. Tidak hanya rumah baru, tapi seluruh yang terkait program peru­mahan rakyat,” ujarnya di Jakarta, Selasa (5/03/2019).

Arif melanjutkan, komitmen untuk menyediakan rumah bagi masyarakat, telah dit­unjukkan oleh Joko Widodo. Program satu juta rumah yang dicanangkan Jokowi pada masa jabatannya sebagai pre­siden adalah bentuk nyata perhatian tersebut.

“Lima tahun yang akan datang, Pemerintah, Pak presiden me­neruskan jalan perubahan Indonesia maju. Program satu juta rumah sudah tercapai ba­hkan lebih,” ulas Arif.

Selain targetnya yang ber­tambah, dipastikannya, hu­nian perumahan bagi masy­arakat yang dibangun oleh Joko Widodo nantinya tidak lagi jauh-jauh dari tempat kerja masyarakat itu sendiri. Melainkan akan benar-benar dibangun berdekatan dengan akses tempat kerja maupun industri.

“Lima tahun yang akan da­tang 5 juta rumah. Bukan hanya rumah baru tapi semua program yang berkaitan dengan perumahan rakyat. Juga akan dikembangkan pe­rumahan yang dekat dengan tempat kerja. Kalau kita se­diakan jauh dari tempat kerja, maka cost akan lebih besar,” tandasnya

Diketahui, berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Ra­kyat (PUPR) per Desember 2018, tercatat 1.076.856 rumah yang telah dibangun. Dari angka tersebut, 729.876 rumah merupakan rumah MBR (ma­syarakat berpenghasilan ren­dah) dan 346.980 rumah non-MBR.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Soelaeman Soemawi­nata menyampaikan pemerin­tahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang paling konsisten dalam program sektor peru­mahan. Bahkan sejak era kepemimpinan Presiden So­eharto sekalipun pemerinta­han Jokowi-JK lah yang paling konsisiten dalam menyedia­kan hunian kepada masyara­kat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan