Tingkatkan Mutu Dikmas dan Dikdas dengan Apresiasi

BANDUNG – Untuk mening­katkan mutu Pendidikan Ma­syarakat (Dikmas) dan Pen­didikan Dasar (Dikdas) yang berkualitas dan profesional serta berstandar nasional, Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) siapkan ke­giatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD-Dikmas) tahun 2019.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Seksi Pengelolaan bi­dang GTK, Aang Karyana, disela-sela kegiatan Sinergi dan Silaturahni bersama Badan Akreditasi Nasional PAUD dan Pendidikan Nonformal (PNF) Jawa Barat di Aula Dewi Sar­tika, Kantor Disdik Jabar, Jalan Radjiman nomor 6, Kota Bandung, baru-baru ini.

Menurut Aang, kegiatan apresiasi GTK, PAUD dan Dik­mas sangat bermanfaat bagi lembaga pendidikan non for­mal untuk lebih mengembang­kan lembaganya tersebut agar lebih profesional.

”Renacana kegiatan pada 4 April mendatang. Yang me­nyelenggarakan Bidang GTK,” ujarnya.

Aang menjelaskan, dalam acara tersebut, pihaknya akan melaksanakan 16 jenis lomba yang terbagi ke dalam tiga kelompok peserta, yaitu Dik­mas, Kelompok Bermain (KP) atau Tempat Penitipan Anak (TPA) atau juga Sekolah PAUD Sejenis (SPS) dan Lembaga kursus dan Pelatihan (LKP).

Adapun 16 kategori yang dilombakan adalah Guru KP/TPA/SPS terbaik, Pengelola KP/TPA/SPS terbaik, Peng­elola PKBM terbaik, Penilik terbaik, Kepala SKB terbaik, Tutor Pendidikan Keaksaran terbaik, Pengelola LKP terbaik, Pamong Pelajar pada SKB terbaik, Pengelolaan Taman Baca Masyarakat terbaik, Tu­tor pendidikan kesetaraan terbaik, Instruktur Teknisi Akutansi terbaik, Instruktur Teknik Otomotif Sepeda Mo­tor terbaik.

”Ada juga Instruktur Tata Kecantikan Rambut, Instruk­tur Tata Rias Kecantikan Peng­antin Tradisional, Instruktur Kursus Tata Busana, dan In­struktur Kursus Komputer,” jelasnya.

Aang mengatakan, para pe­serta yang mengikuti perlom­baan tingkat provinsi harus melewati tahap seleksi di tingkat kabupaten/kota, atau melalui proses penelusuran, bukan penunjukan.

”Ini salah satu upaya agar peserta lomba merupakan benar-benar yang terbaik dari kabupaten/kota,” pung­kasnya. (dsdkjbr/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan