Rotasi Bukan Ambisi Pribadi

CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi kembali melakukan rotasi mutasi terhadap 189 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Cimahi. Rotasi yang dilakukan men­jadi rotasi yang ketiga pada masa kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ci­mahi, Ajay Muhamad Priatna-Ngatiyana.

Wali Kota Cimahi, Ajay Mu­hamad priatna mengatakan, proses rotasi dilakukan sete­lah melalui penilaian dan seleksi secara ketat dengan memperhatikan kompetensi dan prestasi kerja pegawai selama ini.

Selain itu, lanjut Ajay, ro­tasi mutasi juga sebagai rang­kaian dari pengisian dan penempatan para pejabat yang diberi amanah untuk men­guatkan struktur dan tim kerja pemerintah.

”Tujuannya untuk mencari solusi permasalahan yang muncul dimasyarakat, seka­ligus mensukseskan kegiatan pembangunan yang sudah direncanakan,” kata Ajay, usai pelaksanaan acara, di La­pangan Macan, Jalan Per­mana, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, Rabu (27/2).

Menurutnya, tuntutan ma­syarakat dan permintaan pemerintah pusat serta pro­pinsi kepada pemerintah lokal untuk dapat melakukan percepatan pembangunan dan kompetensi serta ino­vasi organisasi pemerintah lokal menjadi salah satu ala­san pelaksanaan rotasi.

”Saya berharap pejabat yang dilantik sekarang dapat me­miliki pemahaman terhadap permasalahan kota dan dapat mendukung program dan kegiatan yang kita canangkan,” ujarnya.

Ajay membantah, jika penye­bab rotasi sebagai ambisi pribadi dari walikota dan wakil walikota. Namun, hanya sebagai komitmen bersama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Cimahi.

”Keberhasilan terhadap se­mua program prioritas ung­gulan ini perlu didukung SDM yang kompeten,” ucapnya.

Untuk itu, Ajay meminta para PNS yang dirotasi mam­pu menguatkan kapasitas organisasi. Sehingga para pimpinan unit dan koordina­tor unit haruslah mampu membangun kekuatan tim.

”Insyaallah pelantikan hari ini merupakan bagian dari rencana menguatkan tim aparatur dimana pejabat yang dilantik hari ini akan mengu­atkan dinas dalam proses percepatan pelaksanaan ad­ministrasi pemerintahan dan pembangunan,” terangnya.

Ajay juga berharap rotasi mutasi ini, dapat terlaksana sebagai momentum untuk merubah semangat di unit kerja, sekaligus memperbai­ki silaturahmi internal di masing-masing unit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan