Kelestarian Seni Budaya Perlu Peran Pemuda

NGAMPRAH– Jajaran DPC Manggala Garuda Putih KBB, Periode 2019-2024 yang resmi dilantik dan dikukuhkan, memiliki program kerja untuk melestarikan seni budaya di Bandung Barat.

“Tentu kami ingin memberikan perhatian penuh dan memajukan seni dan budaya di KBB,” ujar Ketua DPC Manggala Garuda Putih KBB Usep Sukarna saat ditemui dalam gelaran pentas seni budaya sunda di Kompleks Pemda KBB, Ngamprah belum lama ini.

Menurut dia, seni budaya di Bandung Barat cukup banyak dan tersebar di sejumlah wilayah. Bahkan, sebagian ada yang telah turun-temurun diwariskan dari budaya leluhur dan nenek moyang bangsa. Warisan budaya ini yang coba ingin dipertahankan oleh organisasinya agar citra positif KBB terangkat melalui eksistensi seni dan budaya.

Karena itu, lanjut dia, pada kegiatan deklarasi pelantikan ini pihaknya menampilkan atraksi kesenian tradisional pencak silat. Seni bela diri warisan leluhur itu akan terus dipertahankan dan diberi ruang untuk ekspresi. Di KBB banyak terdapat perguruan pencak silat yang aktif dengan murid-murid yang tersebar di 165 desa.

“Kehadiran kami harus memberikan manfaat dan kebaikan untuk masyarakat. Melalui pendekatan seni dan budaya inilah kami ingin menciptakan citra positif KBB di tingkat lokal maupun nasional,” ujarnya.

Pihaknya pun akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menciptakan iklim dan suasana kondusif di KBB dengan jargonnya ‘KBB Lumpat’. Sebab, potensi anak-anak muda di KBB sangat banyak, sehingga sudah selayaknya dapat dimaksimalkan.

“Pemuda KBB sangat aktif sehingga harus disalurkan kepada kegiatan positif. Peran organisasi kemasyarakatan dan pemerintah daerah dalam mengarahkan agar outputnya menjadi baik,” tandasnya. (drx)

Tinggalkan Balasan