Jaga Konservasi, Dalam Menggali Potensi Wisata Alam

”Saya harap, selain mem­bina masyarakat tentang cara mengembangkan objek wisata, mahasiswa dan dosen Unpas bisa mengedukasi me­reka tentang penataan dan pengelolaan yang berwawasan lingkungan,” harapnya

Sementara itu Dekan Fisip Unpas M. Budiana mengata­kan, pihaknya sengaja memi­lih Desa Warnasari sebagai lokasi pengabdian bagi sekitar seratus mahasiswa dan dosen.

”Di sini salah satunya ada potensi besar objek wisata Situ Cileunca,” ujarnya.

Menurut Budiana, Selain men­jadi objek wisata alam, Situ Cileunca juga sering menjadi tempat pemusatan latihan atlet dayung Jawa Barat dan Nasional. Oleh karena itu sudah selayaknya objek tersebut ditata dan dipro­mosikan lebih optimal.

”Selain itu memang kami juga berharap bisa ikut menge­dukasi masyarakat. Kami memiliki ilmunya, masyarakat punya potensi kearifan lokal, jadi tinggal disinergikan,” akunya

Dia menambahkan, Unpas sama seperti perguruan tinggi lainnya di Jabar. Selain ingin mengembangkan potensi dae­rah, semua akademisi juga saat ini ingin berkontribusi terhadap program Citarum Harum yang digalakan pemerintah.

”Kami sepakat bahwa hal lain yang harus dibenahi ada­lah kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga kelesta­rian lingkungan. Harus sela­ras antara pengembangan potensi wisata dan pertanian dengan menjaga kelestarian lingkungan,” pungkasnya (rus)

Tinggalkan Balasan