Serukan Ketaatan Pajak

BANDUNG-Pemerintah Kota Bandung siap mem­berikan dukungan penuh kepada Pemerintah Pro­vinsi (Pemprov) Jawa Barat menggenjot pendapatan dari sektor pajak. Salah satu strateginya, yakni dengan memperkuat peran ke wilayahan mendorong para wajib pajak agar melaksanakan kewajiban­nya.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wali Kota Bandung, Oded Muham­mad Danial saat menerima audiensi dari Badan Penda­patan Daerah (Bapenda) Jawa Barat, Jumat (22/2). Dalam pertemuan ini, membahas penguatan ko­laborasi untuk mendukung inovasi Samsat Jawa Barat Ngabret (J’Bret).

”Pajak itu poinnya ada di ke wilayahan. Kalau ke wilayahan bagus komuni­kasinya Insya Allah bagus. Maka di kewilayahan ini akan kita perkuat terus,” kata Oded di Plaza Balai Kota, Jalan Wastukencana, Bandung, Jumat (22/2).

Samsat J’Bret yakni sistem pembayaran pajak ken­daraan melalui jaringan elektronik (ATM, SMS dan BJB Digi) atau layanan lain­nya yang telah bekerja­sama dengan BJB seperti toko moderen (indomart dan alfamart), e-commer­ce (bukalapak dan toko­pedia), financial techno­logy (Kaspro) serta Payment Point Online Bank (PPOB).

Oded memaparkan, dengan adanya inovasi pembayaran tersebut masyarakat jangan hanya puas dengan sosiali­sasi saja. Namun, sambung dia, mesti diiringi dengan edukasi agar masyarakat me­manfaatkan Samsat J’Bret saat membayar pajak.

”Membangun negara ada dua hal penting, pertama hadirkan keadilan pada ma­syarakat. Kedua berupaya on the track dalam aturan. Saya yakin masalah yang muncul masalah pajak karena ada yang tidak sesuai aturan,” ujarnya.

Oded menambahkan pe­merintah tidak hanya memikir­kan menarik pajak saja. Namun, harus turut memberikan edu­kasi dan contoh kepada ma­syarakat dengan menjalankan sistem sesuai aturan.

”Pajak apapun perlu ada keberanian dan political will dari dari pemerintah. Mari kita sama-sama berkolabo­rasi menjadikan pemerinta­han yang bersih,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Bandung II, Maulana Indra Wibawa mengungkap­kan, potensi pendapatan pajak dari Kota Bandung merupakan terbesar di Jawa Barat. Maka bagi hasil pun kerap mendapatkan jumlah paling banyak. Sehingga, kolaborasi untuk mendong­krak pembayaran pajak juga harus terus diperkuat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan