Yana Pimpin Penyegelan Hotel

BANDUNG– Pemkot Bandung me­nyegel Hotel Sheo yang terletak di Jalan Cimbuleuit, Kamis (21/2019). Pemkot Bandung mengambil tindakan tegas ini karena hotel tersebut melanggar Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Ke­pariwisataan.Hotel tersebut tidak memper­panjang Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) seperti yang tertuang pada pasal 37 ayat 1 Perda Nomor 7 Tahun 2012.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memimpin langsung penyegelan tersebut. Penyegelan juga melibatkan tim gabungan dari Satpol PP Kota Bandung, Dinas Kebu­dayaan dan Pariwisata Kota Bandung (Disbudpar), Dinas Penanaman Modal dan Pe­layanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Tata Ruang (Distaru).

“Penyegelan tempat ini ka­rena melanggar perda nomor 7 tahun 2012 tentang penyel­enggaraan kepariwisataan. Pemkot Bandung sudah mem­berikan tiga kali peringatan kepada hotel ini,” tegas Yana usai penyegelan.

Kendati disegel, hotel ter­sebut memperoleh kebijakan tetap dapat menerima tamu hingga Minggu (24/2/2019). Hal itu karena terdapat bebe­rapa kegiatan di hotel dan sudah dipesan sejak lama.

“Hari ini katanya ada kegia­tan sampai hari minggu. Kita berikan kebijakan, namun mulai hari ini tidak boleh me­nerima cek in baru,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dusbudpar) Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengungkap­kan Hotel Sheo tidak memper­panjang Daftar Usaha Pariwi­sata (DUP) sejak tahun 2016.

“Seharusnya setiap satu ta­hun sekali harus diperpanjang. Tahun 2015 mereka mengaju­kan, berlakunya satu tahun sampai 2016. Nah di 2016 mereka tidak perpanjang sampai sekarang,” ungkap Kenny sapaan akrabnya.

Dalam Perda, tambahnya, DUP merupakan database pemerintah khususnya Dis­budpar sebagai pariwisata yang berada di wilayahnya.

“Ubah kepemilikan, itu juga masuk dalam permasalahan. Ini harus ganti izin dan yang lainnya. Karena mengubah kepemilikan harus dari nol. Seperti itu seharusnya,” tu­turnya.

Kenny meminta agar pen­gusaha menempuh perizinan sesuai prosedur.

“Yuridis dan administrasinya, lanjut teknisnya itu ada di situ. Lengkapi saja,” kata Kenny.

Untuk memastikan hotel tersebut tidak menambah penghuni kamar, Kenny akan memonitoring dengan menge­cek buku tamu dan sebagainya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan