Geram Atas Tudingan Kebocoran Anggaran

”Waktu dibilang antek asing,  4 saya tahun diem, saya nggak banyak bicara. Sabar ya Allah, sabar ya Allah,” katanya.

Jokowi menuturkan, tudingan mengenai antek asing tidak benar. Dia malah telah berjuang untuk membebaskan penguasaan aset asing di Indonesia. Tercatat, sejumlah aset telah berhasil diakuisisi kembali oleh bangsa pasca kepemimpinannya.

Misalnya saja, kata dia, blok minyak paling besar yakni blok roman telah berhasil dikuasain oleh bangsa Indonesia. Padahal, aset ini telah lama dikuasai oleh asing.

”Di 2018 blok minyak paling besar Rokan dikelola lebih dari 90 tahun oleh Chevron. Kali ini, sudah dimenangkan pertamina 100 persen. Itu (masih) dibilang antek asing, antek asing?” terangnya.

Tak hanya itu, lanjut Jokowi, di penghujung akhir tahun 2018, pemerintah juga telah berhasil menguasai saham mayoritas dari Freeport. Kebijakan ini pun dinilainya sulit dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya.

”Dipikir mengambil alih seperti itu mudah? Dipikir mengambil alih aset besar itu gampang? Kalau mudah dan gampang dari dulu diambil alih. Waktu itu dibilang antek asing, saya diam. Saatnya saya berbicara,” pungkasnya. (bbs/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan