Uu Diminta Klarifikasi Dukungan ke 01 di Pesantren

BANDUNG – Sempat viral di media sosial mengenai dukungan Wakil Gubernur (Wagub) Uu Ruzhanul Ulum di Pesantren Sulalatul Huda, Paseh, Kota Tasikmalaya yang diduga melanggar aturan mendapat komentar dari anggota Fraksi PKS DPRD Imam Budi Hartono.

Menurutnya, Uu harus mengklarifikasi terkait deklarasi untuk Jokowi-Maruf Amin tersebut. Sebab, kegiatan yang semula untuk kegiatan sosialisasi Syariah yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berubah menjadi acara deklarasi dukungan.

Dia mengatakan, klarifikasi dibutuhkan agar masyarakat mendapatkan keterangan jelas dan tidak menimbulkan opini negatif. Sebab, dari informasi yang didapat, acara tersebut adalah sosialisasi tentang keuangan syariah. Namun, pada akhir kegiatan ada deklarasi dukungan Pasangan Calon (Paslon) Jokowi-Ma’ruf.

“Kami meminta kepada Wagub Jabar agar memberikan klarifikasi,” ucapnya saat dihubungi, kemarin (8/2).

Budi meminta agar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar pro aktif untuk menindaklanjuti. hal ini untuk memberikan kepastian kepada masyarakat agar mendapatkan informasi dengan benar.

Dia menuturkan, dari informasi yang dihimpun, para ulama dan santri asal Kota Tasikmalaya, mendeklarasikan dukungannya kepada calon presiden nomor urut satu. Deklarasi dipimpin langsung oleh pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda, Manonjaya, KH Abdul Aziz Affandi, bersama Panglima Santri Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, dan Ketua DPC PPP Kota Tasikmalaya Budi Budiman.

Deklarasi dukungan ratusan ulama ini telah menambah keyakinan pihaknya untuk mampu memenangkan kembali Pilpres tahun ini.

“Ini ada 500 ulama di Tasikmalaya yang hadir di deklarasi. Meskipun ulama ini tak seluruhnya hadir karena di Tasikmalaya jumlahnya banyak. Ini menjadi keyakinan kami bertambah untuk memenangkan Jokowi-Amin,” kata Uu waktu dietemui usai deklarasi.

Namun, deklarasi itu diwarnai insiden teriakan dukungan yang diduga ditujukan kepada ‘Prabowo Subianto. Para tamu undangan yang berada di sana pun seolah menghiraukan teriakan tersebut.

Bahkan, ketika acara pembacaan deklarasi selesai, spanduk bertuliskan ‘Deklarasi Ulama Se-Kota Tasikmalaya Mendukung Ir. H. Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin’ diturunkan sejumlah orang.

Salah seorang putra Pendiri Pesantren, Silmi Abdussalam juga memberikan klarifikasinya bahwa acara deklarasi tersebut tidak sesuai rencana. Semula sosialisasi ekonomi syariah tapi praktiknya menjadi deklarasi dukungan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan