Permintaan Layanan Sampah Semakin Tinggi

NGAMPRAH– Permintaan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan sampah dari pemerintah daerah sangat tinggi. Sebab, sampai saat ini pelayanan sampah belum sepenuhnya terlayani lantaran minimnya armada dan petugas di lapangan.

Koordinator UPT Sampah Wilayah Parongpong dan Cisarua, Tauhid Nuryonto membenarkan, jika saat ini permintaan dari warga sangat tinggi untuk mendapatkan pelayanan. Namun, lantaran keterbatasan sarana dan prasarana membuat permintaan warga untuk dilayani sulit terpenuhi.

“Sudah banyak warga yang mengajukan kepada kami untuk mendapatkan pelayanan. Tapi paktanya memang belum bisa terlayani karena petugas dan armada juga yang kurang,” terangnya, kemarin.

Untuk melayani pengangkutan sampah di wilayah utara, sebut Tauhid selama ini pihaknya hanya mengandalkan 5 armada truk. Padahal, idealnya dibutuhkan 10 armada truck agar semua wilayah di utara bisa terlayani.

“Jika semua wilayah terlayani itu harus ada penambahan armada. Bahkan yang waiting list, kita belum akomodir dan kita hanya sanggup melayani pelanggan baru di dua titik saja yakni Cisarua dan Parongpong,” ungkapnya.

Senada dengan Tauhid, Koordinator UPT Wilayah Selatan, Deri Irawan mengungkapkan permohonan baru dari masyarakat untuk pelayanan sampah ini cukup banyak. Namun begitu, kata dia, sama seperti halnya di wilayah utara, di wilayah selatan juga hingga kini masih kekurangan armada dan kernet.

“Sudah ada 9 titik yang meminta  pelayanan baru. Namun, lantaran armada di wilayah selatan hanya ada 5 armada sehingga yang sanggup kita layani hanya dua wilayah seperti di Kecamatan Cihampelas, Kampung Sayuran, Desa Mekarmukti,” ungkapnya.

Pemkab Bandung Barat pada tahun ini menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi sampah mencapai Rp 4,2 miliar. Dari jumlah retribusi sampah dari sektor industri masih menjadi paling dominan.

Sementara pada 2018 lalu Pemkab Bandung Barat telah menambah 3 armada truck pengangkut sampah. Dari sebelumnya jumlah 35 armada pengangkut sampah, saat ini KBB memiliki 38 unit armada yang terdiri atas dump truk dan arm roll.

Kepala DLH KBB Apung Hadiat Purwoko, sebelumnya mengatakan, penambahan truk sampah untuk meningkatkan pelayanan dalam kebersihan di sejumlah daerah di KBB yang selama ini kerap terhambat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan