Satgas Pungli dan Pelayanan Online Cegah Gratifikasi

CIMAHI– Di era digitalisasi sekarang ini, pemanfaatan teknologi informasi secara online sudah mendesak untuk diterapkan di lingkungan Pemerintahan Kota Cimahi. Sebab, selain agar memudahkan pelayanan terhadap masyarakat, sistem ini juga dapat mencegah terjadinya praktik pungutan liar (Pungli).

Hal itu diungkapkan Wali Kota Cimahi, Ajay Muhamad Priatna, usai menghadiri rapat koordinasi Saber pungli, di Hotel Endah Parahyangan, Jalan Amir Machmud Cibeureum, Kamis (31/1).

Menurut Ajay, dengan sistem digital maka bisa mengurangi aktivitas pertemuan secara langsung antara pegawai pemerintahan dan masyarakat dalam pelayanan publik. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya gratifikasi.

”Hal inilah yang dapat meminimalisir interaksi antara petugas pelayanan dengan masyarakat yang dilayani. Sehingga terjaga proses dan prosedur pelayanan yang baik dan benar,” ujar Ajay.

Ajay menjelaskan, praktik Pungli dapat merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efesien dan mampu menimbulkan efek jera.

”Maka perlu dibentuk unit Saber Pungli. Dihapakan dengan adanya Satga Saber Pungli maka pemberantasan pungli akan lebih efektif,” jelasnya.

Tidak hanya itu, dengan adanya tim saber pungli, maka sedikit demi sedikit akan terbangunnya perubahan mindset aparatur negara dalam pelayanan dengan prinsip zero pungli, namun tetap mengutamakan pelayanan prima.

”Tapi harus ada juga sikap tegas dari masyarakat menolak segala bentuk pungli. Sebaiknya semua memenuhi aturan yang berlaku,” bebernya.

Pungutan liar, lanjut Ajay, termasuk tindakan korupsi dan merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang harus diberantas. Namun dalam upaya pemberantasan kopursi tidak cukup hanya dengan membuat peraturan perundang-undangan saja. Tapi diperlukan juga membangun mental orang-orang yang dapat memberantas korupsi itu sendiri.

”Tanpa membangun sumber daya manusia yang baik dan berintegritas, mustahil pemberantasan korupsi dapat berjalan dengan maksimal,” pungkasnya. (ziz)

Tinggalkan Balasan